Cangkang Sawit Kegunaan

Tahukah Anda bahwa cangkang sawit kegunaan salah satunya ialah untuk bahan bakar pembangkit listrik? Limbah dari perkebunan kelapa sawit ini tidak lagi hanya dibuang.

Di masa lalu, memang limbah ini hanya dibiarkan begitu saja dan bisa menjadi masalah untuk lingkungan. Namun sekarang sudah banyak dimanfaatkan terutama untuk bahan bakar pembangkit listrik.

Hal ini bukan hanya dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Beberapa negara di dunia juga sudah beralih ke biomassa cangkang sawit sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan. 

3 Fakta Cangkang Sawit Kegunaan untuk Pembangkit Listrik

Sekarang ini sudah banyak Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di tanah air yang mengandalkan pembangkit listrik biomassa berbahan dasar cangkang. Berikut ini beberapa fakta penting terkait hal tersebut.

Cangkang Sawit Kegunaan
  1. Bermula dari Kesadaran Sendiri 

Hal tersebut bermula dari kesadaran masyarakat sendiri, bukan himbauan pemerintah. Jadi, sudah banyak PKS yang menyadari manfaat penggunaan limbah sebagai bahan bakar. Jadi tidak lagi mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar.

  1. Membantu Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Tentu saja cangkang sawit kegunaan sebagai biomassa ini begitu membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghemat minyak fosil. Biasanya pembangkit listrik di tanah air menggunakan bahan bakar fosil yang mendorong polusi udara.

Jadi, penggunaan limbah sebagai biomassa ini tidak hanya bermanfaat untuk menghadirkan sumber energi bagi PKS. Namun juga mendukung pengurangan emisi gas rumah kaca dan penghematan minyak fosil secara nasional.

Cangkang sawit kegunaan untuk bahan bakar pembangkit listrik juga bukan hanya dinikmati oleh PKS di tanah air. Bahan alam ini sudah diekspor ke negara lain seperti Jepang dan Korea Selatan dengan pajak.

Jadi, negara lain juga turut membantu mengurangi emisi secara global. Untuk penetapan pajaknya sendiri mengikuti harga dari minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

  1. Bisa Memasok Kebutuhan Masyarakat Umum

Sebenarnya energi yang diperoleh dari pembangkit listrik tenaga biomassa dapat disalurkan pada masyarakat di sekitar PKS. Akan tetapi, hal ini masih memerlukan persetujuan dari pemerintah.

Sebab, pemerintah sudah memasok listrik masyarakat melalui PLN. Pemerintah juga sudah menetapkan kebijakan tersendiri mengenai biaya atau tarif listrik melalui PLN.

Cangkang Sawit Kegunaan

Cangkang Sawit Bisa Menggantikan Bahan Bakar Fosil 

Cangkang sawit kegunaan sebagai biomassa bisa menggantikan bahan bakar fosil. Bahan alam yang pada mulanya hanya menjadi limbah buangan dari PKS ini telah mendatangkan manfaat besar. 

Biasanya masyarakat masih mengandalkan minyak fosil sebagai bahan bakar. Namun sekarang sudah ada alternatif penggunaan limbah PKS untuk menghasilkan sumber energi.

Limbah ini bukan sekedar mampu menjadi alternatif, namun juga mempunyai efektivitas. Ditambah lagi dengan kemampuannya yang ramah lingkungan. Sebab rendahnya emisi maupun residu yang dikeluarkan.

Lantas, bagaimana limbah tersebut bisa menjadi bahan bakar biomassa? Ada kandungan nilai kalor tinggi, rendahnya kadar abu dan komponen kimia yang bisa mendorong pembakaran secara efisien.

Berbagai kandungan di dalamnya secara alami bisa menjadi biomassa. Jadi tidak perlu menambahkan material khusus untuk mengolahnya sebagai bahan bakar. 

Alternatif ini juga sudah digunakan oleh negara lain seperti Jepang dan Korea Selatan. Jadi, Indonesia maupun negara lain-lain bisa saling menggunakan bahan alam tersebut untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghemat minyak fosil.

Apabila dibandingkan dengan bahan bakar fosil, sebenarnya cangkang sawit juga lebih murah. Jadi, mampu mengurangi biaya operasional dan mendorong efisiensi ekonomi.

Terkadang, alternatif kurang diminati karena masalah efektivitas maupun ekonomi. Namun, bahan alam ini cukup efektif bahkan ramah lingkungan dan harganya cukup terjangkau.Cangkang sawit saat ini bukan sekedar limbah yang terbuang. Cangkang sawit kegunaan untuk biomassa bisa menjadi sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami https://jualcangkangsawit.com/. Anda juga bisa klik link WhatsApp di https://wa.me/6281212333590 (Maria) untuk terhubung langsung dengan tim kami.