harga pasaran cangkang sawit

Harga pasaran cangkang sawit termasuk topik yang perlu diketahui sebelum membeli limbah pertanian tersebut. Cangkang sendiri berasal dari sisa pengolahan buah sawit. 

Limbah tersebut memuat serat dan lignin yang keras dengan beragam kandungan bermanfaat. Jadi, jangan mengira produk ini hanya sampah buangan dari industri.

Limbah ini punya beragam kandungan bermanfaat khususnya untuk keperluan energi dan pertanian. Mari menyimak apa saja kandungan lengkapnya dalam artikel ini.

Berapa Harga Pasaran Cangkang Sawit?

Perkebunan kelapa sawit di Indonesia cukup melimpah. Akan tetapi, kebanyakan orang masih fokus pada buah kelapa sawitnya bukan cangkangnya. Padahal, banyak manfaat dari limbah pertanian tersebut.

Cangkangnya sendiri sebenarnya termasuk bagian dari buah yang posisinya di antara daging dan inti sawit. Sementara warnanya adalah coklat gelap. Sementara harga pasaran cangkang sawit terbilang terjangkau.

Di masa lalu, memang cangkang sawit lebih banyak dianggap sebagai produk sampingan karena produk utamanya adalah minyak. Seperti yang semua orang tahu, minyak memang punyai nilai ekonomis tersendiri.

Akan tetapi, berjalannya waktu membuat banyak pihak mempertimbangkan kelestarian lingkungan. Termasuk juga menyadari pentingnya menurunkan risiko pemanasan global.

harga pasaran cangkang sawit

Lantas, cangkang sawit menjadi bahan yang dipilih sebagai alternatif sumber energi batu bara. Jadi, sejak tahun 2000, berbagai pabrik di tanah air telah mengandalkan limbah pertanian ini guna menggantikan batu bara.

Harga pasaran cangkang sawit juga terbilang murah dibandingkan dengan sumber energi lain. Manfaatnya untuk lingkungan juga lebih besar daripada bahan bakar fosil.

Jadi, penggunaan limbah pertanian ini lebih disarankan untuk masyarakat Indonesia terutama karena stoknya sangat melimpah. Harganya juga lebih murah jadi tidak perlu takut beralih dari bahan bakar fosil. 

Apa Saja yang Terkandung dalam Cangkang Sawit?

Meskipun hanya limbah, cangkang sawit punya banyak kandungan bermanfaat di  dalamnya. Berikut ini beberapa kandungannya yang membuatnya bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan.

  1. Kadar Air 

Limbah pertanian ini punya kandungan kadar air yang lembab kira-kira 15% hingga 25% (As received) atau 8% sampai 11% (Air Dried Basis). Kandungan airnya punya pengaruh besar ketika dimanfaatkan untuk bahan bakar atau pupuk.

  1. Kadar Abu 

Produk ini juga punya kadar abu yang terbilang rendah, kira-kira 1% sampai 3%. Kadar abu ini menjadikan limbah pertanian tersebut dapat dijadikan bahan bakar yang bersih dan ramah lingkungan.

Tidak berhenti sampai di situ, kadar abunya juga menjadikan limbah pertanian tersebut lebih mudah diolah menjadi pupuk organik. 

  1. Kadar Penguapan 

Kadar penguapan pada produk ini terbilang tinggi, kira-kira 68% hingga 70%. Kadar penguapan ini menunjukkan produknya cepat terbakar jadi bagus untuk bahan bakar. 

Manfaat lainnya ialah pada pupuk karena mendorong dekomposisi dan memperbaiki kualitas lahan. Harga pasaran cangkang sawit yang terbilang murah ternyata punya kandungan begitu banyak.

  1. Karbon

Produk ini memuat karbon aktif cukup tinggi kira-kira 20% sampai 22%. Hal ini menjadikannya bagus untuk bahan bakar yang ramah lingkungan, khususnya di industri.

  1. Kalori

Selanjutnya ada kandungan kalori cukup banyak, kira-kira 4.200 Kcal. Kalorinya menjadikan produk tersebut cocok untuk bahan bakar. Jadi, menggantikan sumber energi fosil.

Limbah pertanian ini memang bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Mulai dari bahan bakar hingga pupuk organik. Semuanya dengan harga murah dan ramah lingkungan.

Tidak perlu kebingungan mencari bahan bakar fosil seperti batu bara atau solar ketika stoknya habis. Sekarang sudah ada cangkang sawit yang stoknya lebih banyak dan bisa menjadi bahan bakar alternatif dengan harga murah.

Indonesia adalah negara penghasil kelapa sawit yang cukup melimpah. Harga pasaran cangkang sawit terbilang murah dan kandungan di dalamnya sangat bermanfaat.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai Cari Cangkang Sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami https://jualcangkangsawit.com/. Anda juga bisa klik link WhatsApp di https://wa.me/6281212333590 (Maria) untuk terhubung langsung dengan tim kami.