Kandungan cangkang sawit

Kandungan cangkang sawit cukup beragam. Cangkang sawit merupakan limbah pertanian yang berasal dari pengolahan buah kelapa sawit.

Tak sedikit masyarakat awam yang beranggapan jika cangkang sawit adalah limbah tanpa nilai tambah. Namun, ternyata cangkang sawit memiliki kandungan yang sangat bermanfaat, terutama dalam konteks energi dan pertanian.

Kandungan Cangkang Sawit, Kadar Air hingga Serat

Berkat berbagai kandungan pentingnya, kita dapat mengolahnya untuk menambah nilai gunanya. Misalnya saja, pupuk organik dengan kualitas tinggi, arang, biomassa, hingga produk-produk konstruksi.

Supaya tidak makin menimbulkan rasa penasaran, berikut ini beberapa kandungan di dalamnya.

Kandungan cangkang sawit
  • 1. Kadar Air

Cangkang sawit memiliki kadar air yang lembab, yakni sebesar 15 sampai 25% (As received) atau setara dengan 8 sampai 11% (Air Dried Basis). Tingginya kadar air ini penting untuk kita perhatikan.

Sebab, dapat mempengaruhi efisiensi pembakaran jika kita gunakan sebagai bahan bakar. Selain itu, juga dapat mempengaruhi kualitas pupuk yang berasal dari cangkang sawit.

  • 2. Kadar Abu

Kandungan cangkang sawit selanjutnya, yakni kadar abu. Cangkang sawit memiliki kadar abu yang rendah, yakni sekitar 2 sampai 3%.

Karena kadar abunya inilah, cangkang sawit dapat sebagai alternatif untuk menggantikan batu bara sebagai bahan bakar.

Penggunaan cangkang sawit sebagai bahan bakar arang dapat membantu dalam pelestarian sumber daya alam yang semakin terbatas. Tak hanya itu, tetapi juga mendukung penggunaan sumber daya yang dapat diperbaharui.

  • 3. Kadar Penguapan

Kandungan lain yang perlu kita perhatikan adalah kadar penguapan yang tinggi (volatile matter), yakni sekitar 68 sampai 70%. Hal ini menunjukkan bahwa cangkang sawit mudah terbakar, sehingga cocok kita gunakan sebagai bahan bakar alternatif.

Dalam konteks pertanian, kadar penguapan yang tinggi juga membantu mempercepat proses dekomposisi pupuk organik dan meningkatkan kualitas tanah.

  • 4. Karbon Aktif

Kandungan cangkang sawit yang tak kalah penting, yakni karbon aktif. Cangkang sawit mengandung karbon aktif sekitar 20 sampai 22%.

Karbon aktif ini memiliki kemampuan menyerap CO2 dan berguna dalam pemurnian biogas. Dengan karakteristik mikropori yang membantu penyerapan gas, karbon aktif dalam cangkang sawit memiliki potensi sebagai adsorben.

  • 5. Kandungan Kalori

Cangkang sawit juga memiliki kandungan kalori yang tinggi, bahkan lebih dari 4.200 Kcal. Kandungan kalorinya yang tinggi ini, dapat kita manfaatkan sebagai bahan bakar alternatif yang potensial, sehingga mampu menggantikan sumber energi fosil.

Dengan begitu, cangkang sawit dapat berkontribusi pada pengurangan ketergantungan sumber energi yang merusak lingkungan.

  • 6. Kandungan Serat

Salah satu kandungan utama dalam cangkang sawit adalah serat. Serat cangkang sawit mengandung selulosa yang tinggi dan dapat kita gunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai produk.

Proses pemisahan dan pengolahan serat dapat menghasilkan bahan seperti pulp dan kertas. Biasanya, digunakan dalam industri kertas dan karton. Selain itu, pemanfaatan serat cangkang sawit membantu mengurangi tekanan terhadap hutan dan sumber daya kayu.

Dengan memahami kandungan-kandungannya yang berharga, kita dapat memanfaatkannya secara efektif untuk berbagai keperluan. Penggunaan cangkang sawit yang bijak tidak hanya membantu mengurangi limbah, tetapi juga mendukung praktik-praktik berkelanjutan, terutama dalam bidang energi dan pertanian.

Itulah tadi beberapa kandungan cangkang sawit yang umum digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Penting untuk selalu kita ingat bahwa pemanfaatan cangkang sawit harus memperhatikan aspek-aspek keberlanjutan, seperti pengelolaan limbah yang baik hingga peningkatan efisiensi dalam penggunaannya sebagai bahan bakar. Dengan demikian, cangkang sawit dapat menjadi salah satu sumber daya yang lebih bermanfaat bagi kehidupan dan juga ramah lingkungan.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai Kandungan Cangkang Sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami https://jualcangkangsawit.com/. Anda juga bisa klik link WhatsApp di https://wa.me/6281212333590 (Maria) untuk terhubung langsung dengan tim kami.