cangkang sawit

Pemanfaatan cangkang sawit untuk bahan bakar alternatif dapat memberikan solusi di tengah isu pemanasan global. Menemukan limbah sawit inipun tidak sulit karena sudah ada yang jual batok kelapa sawit dengan harga ekonomis.

Batok sawit atau cangkang kelapa sawit memiliki manfaat besar bagi kelangsungan hidup. Apalagi saat ini keberadaan batu bara mulai menipis sehingga butuh bahan bakar terbarukan untuk menjalankan mesin pembangkit listrik.

Selain itu, batok sawit pun bisa digunakan sebagai arang dan briket yang dibutuhkan untuk pembakaran. Lantas, bagaimana teknik pengolahan batok kelapa sawit agar bisa menjadi bahan bakar alternatif? Berikut informasinya.

Sekilas tentang Batok Kelapa Sawit

Batok kelapa sawit atau nama lain dari cangkang kelapa sawit adalah limbah hasil pengolahan minyak sawit. Limbah ini dulunya kerap dianggap tidak memiliki nilai ekonomi, padahal bisa menjadi bahan bakar alternatif loh!

Apalagi harga cangkang sawit per kg relatif murah sehingga bisa menekan biaya operasional industri. Cangkang sawit bisa digunakan untuk bahan bakar. Misalkan dipakai untuk arang atau briket dan bahan bakar mesin uap.

jual cangkang sawit

Batok kelapa sawit adalah bahan bakar berkualitas baik dan proses pembakarannya cepat, hal ini karena tingkat kelembaban batok sawit yang rendah. Itulah sebabnya, saat ini sudah banyak distributor yang menjual batok sawit.

Teknik Pengolahan Batok Kelapa Sawit

Meskipun banyak yang jual batok kelapa sawit dengan harga murah, namun tidak semua memahami pengolahan cangkang kelapa sawit. Padahal, batok kelapa sawit yang berkualitas perlu teknik pengolahan yang baik.

Ada dua teknik pengolahan batok kelapa sawit, yaitu batok kelapa sawit screening dan batok kelapa sawit non screening. Apa perbedaan keduanya? Yuk, ketahui informasi selengkapnya melalui ulasan di bawah ini!

1. Batok Kelapa Sawit Screening

Batok kelapa sawit atau cangkang sawit screening adalah batok kelapa sawit yang telah melalui proses pengolahan. Tujuannya untuk mengurangi kandungan yang tidak diperlukan sehingga memaksimalkan pembakaran. 

Harga batok sawit screening biasanya lebih mahal karena adanya proses screening sebelum didistribusikan kepada pelanggan. Batok kelapa sawit ini biasanya memiliki ukuran dan tebal sama sehingga dianggap berkualitas.

2. Batok Kelapa Sawit Non Screening

Sementara batok kelapa sawit non screening tidak melalui proses pengolahan yang ketat. Kualitasnya pun berada di bawah batok sawit dengan proses screening yang memiliki kelembaban rendah, bagus untuk pembakaran.

Adapun harga cangkang sawit non screening lebih murah dari cangkang sawit yang melalui proses screening. Meskipun secara fungsi, kedua cangkang kelapa sawit ini memiliki kualitas pembakaran lebih baik daripada kayu.

Jual Batok Kelapa Sawit Asli Indonesia

Penggunaan batok sawit untuk bahan bakar alternatif sudah banyak dilakukan dan bahkan limbah inipun sudah di ekspor ke luar negeri. Hal ini tidak lepas dari manfaat yang diberikan limbah kelapa sawit ini untuk kehidupan.

Jadi, bagi kamu yang sedang membutuhkan sumber energi yang terbarukan maka bisa pilih cangkang sawit. Saat ini juga sudah ada banyak supplier yang jual batok kelapa sawit berkualitas dengan harga yang cukup murah.

Meskipun demikian, penting mengetahui kualitas batok kelapa sawit yang hendak digunakan. Cara mengecek hanya bisa dari proses pengolahan batok kelapa sawit apakah sudah melalui proses screening atau non screening.

Penutup

Demikian informasi tentang jual batok kelapa sawit dan teknik pengolahannya yang perlu kamu ketahui. Batok sawit berkualitas baik biasanya memiliki kadar air rendah sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.