cangkang sawit

Palm kernel shell Indonesia atau cangkang sawit merupakan limbah yang berharga dan memiliki berbagai manfaat yang penting. Bahkan negara maju seperti Jepang juga memerlukan limbah satu ini. Hal tersebut tentunya membuktikan jika cangkang sawit memang bermanfaat.

Di Indonesia potensi ekonomi dari cangkang sawit sendiri cukup besar. Apalagi Indonesia sendiri termasuk produsen kelapa sawit yang terbesar. Sehingga potensi pemanfaatan cangkang sawit untuk berbagai keperluan bisnis yang menjanjikan semakin besar.

Dalam rangka memaksimalkan pengolahan cangkang sawit ini tentunya juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari pemerintah yang bisa memberikan kebijakan, industri yang memperkuat pengembangan teknologi dan pastinya masyarakat.

Manfaat Palm Kernel Shell Indonesia

Palm kernel shell merupakan sisa pecahan cangkang sawit setelah biji sawit dikeluarkan. Cangkang sawit berbentuk seperti tempurung yang keras dan bertujuan untuk melindungi biji sawit. Cangkang sawit memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Kadar airnya sebesar 15-25% as received atau 8-11% air dried basis. Kandungan air tersebut tentunya harus diperhatikan dalam memanfaatkan cangkang untuk bahan bakar atau pupuk. Kemudian cangkang sawit juga memiliki kadar abu yang minim.

Sehingga membuatnya menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan dan bersih. Rendahnya kadar abu juga membuat pengolahan cangkang sawit menjadi pupuk organik menjadi lebih mudah. Kemudian cangkang sawit juga memiliki kadar penguapan yang cukup tinggi sekitar 68-70%.

Dengan begitu maka palm kernel shell Indonesia mudah terbakar dan cocok sebagai bahan bakar alternatif. Jika memanfaatkannya sebagai pupuk, maka penguapan yang tinggi akan membantu mempercepat proses dekomposisi dan juga meningkatkan kualitas tanah.

Selain itu, cangkang sawit juga memiliki kandungan karbon aktif serta kalori yang tinggi. Kandungan karbon aktifnya sekitar 20-22% yang membuat cangkang sawit cocok bahan bakar alternatif untuk industri. Kandungan kalorinya juga cukup tinggi yaitu lebih dari 4.200 Kcal.

Kalori yang tinggi tersebut menjadikan limbah ini sebagai bahan bakar alternatif pengganti sumber energi fosil. Dengan begitu maka penggunaan cangkang sawit bisa mengurangi ketergantungan menggunakan energi fosil yang semakin menipis.

Umumnya cangkang sawit berasal dari pabrik kelapa sawit yang ada di seluruh Indonesia. Karena berupa limbah, beberapa orang mungkin menganggapnya tidak bernilai. Padahal sebenarnya cangkang sawit memiliki banyak manfaat.

Berbagai manfaat tersebut misalnya yaitu:

Bisa Menjadi Bahan Bakar Boiler

Palm kernel shell Indonesia bisa berperan sebagai bahan bakar boiler dengan mengubah limbah menjadi uap. Nantinya uap ini berfungsi untuk menggerakkan mesin turbin dan berbagai mesin yang berbasis uap.

Bahan Baku Arang

Manfaat selanjutnya yaitu bisa menjadi bahan baku arang atau charcoal. Sebab cangkang sawit memiliki zat lignoselulosa sehingga kualitasnya lebih baik dari kayu atau tempurung lainnya. Selain itu arang cangkang sawit juga bisa menghasilkan panas yang lebih besar.

Bahan Pengeras Jalan

Para pelaku industri perkebunan sering menggunakan cangkang sawit untuk pengerasan jalan karena memiliki harga yang lebih ekonomis daripada aspal. Meskipun begitu kualitas pengerasan jalan dari cangkang juga tidak kalah kuat bahkan lebih bagus.

Campuran Pakan Ternak

Cangkang sawit khususnya pada lapisan luar kelapa sawit juga bisa menjadi campuran pakan ternak. Sebab bermanfaat untuk mempercepat metabolisme dan pertumbuhan ternak seperti sapi, kambing, dan lainnya. Namun tentunya pengolahannya harus baik dan benar.

Itulah berbagai manfaat dari cangkang sawit atau palm kernel shell Indonesia. Tentunya akan sangat baik jika kita bisa memanfaatkan cangkang sawit dengan maksimal.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.