cangkang sawit

Melimpahnya sumber daya biomassa pada cangkang sawit dikarenakan adanya perkembangan industri minyak yang sangat cepat di Indonesia. Tidak heran jika aktivitas jual cangkang kelapa sawit terus tumbuh dari masa ke masa. 

Jika dilihat dari value chain minyak kelapa  sawit ada surplus yang dihasilkan. Hal ini tentunya karena pemanfaatan produk ini tergolong rendah.

Kenali Serba Serbi Aktivitas Jual Cangkang Kelapa Sawit

Cangkang Kelapa Sawit adalah sisa dari pecahan cangkang yang menjadi biji sawit lalu dikeluarkan dan dihancurkan di palm oil mill. Cangkang sawit termasuk bahan berserat dan penanganannya pun mudah, sehingga produk ini gampang dipasarkan. 

Sementara itu, untuk proses pembuatan cangkang sawit, ada pecahan besar dan kecil yang bercampur dengan debu serta serat kecil. Kadar air dalam cangkang sawit  tergolong rendah (11% – 13 %).

Apalagi jika dibandingkan residu biomassa lain dengan sumber yang jauh berbeda. Cangkang sawit juga memiliki berbagai macam kandungan residu. Dimana dari bagian minyak kelapa sawit ini sangatlah cocok untuk menghangatkan ruangan. 

jual cangkang sawit

Hal ini karena nilainya sedikit lebih tinggi dari kebanyakan lignocellulosic biomassa. Apabila jika dilihat dari perbandingan dengan industri residu biomassa lainnya. 

Maka cangkang sawit ini termasuk salah satu bahan bakar yang berkualitas dan ukuran seragam. Selain itu, juga mudah menghancurkannya dan proses pembakaran cepat karena tingkat kelembabannya rendah. 

Serat cangkang yang dihasilkan pada minyak kelapa sawit juga secara umum dapat dimanfaatkan  sebagai bahan bakar uap. 

Uap yang akan dihasilkan dapat digunakan untuk menjalankan turbin yang memproduksi listrik. Kedua bahan bakar ini, mampu menghasilkan energi lebih dari cukup. 

Hal ini tentunya akan memenuhi kebutuhan energi di pabrik kelapa sawit. Fenomena permintaan jual cangkang kelapa sawit turuti semakin meningkat terutama di Malaysia, Indonesia dan Thailand.

Sayangnya, kondisi ini justru mengakibatkan penurunan aktivitas jual beli pada komoditi batu bara. Mengingat, industri semen pun saat ini lebih memilih memanfaatkan cangkang sawit.

Cangkang sawit ini dapat dijadikan sebagai sumber biomassa energi alternatif ketika harga batu bara meninggi dan menipis pasokannya. 

Tentunya bila diolah dengan tepat, maka asap hasil pembakarannya juga dapat dibuat lebih ramah lingkungan. Tempurung kelapa sawit juga memiliki banyak sekali kandungan unsur yang luar biasa dengan kadar air yang lembab.

Selain itu, ada kadar penguapan tinggi hingga kandungan cangkang kelapa sawit karbon aktif. Jadi, tidak heran bila cangkang sawit  banyak digunakan sebagai bahan bakar alternatif. 

Mengulik Hal Penting tentang Biomassa Cangkang Sawit 

Ada beberapa hal penting mengenai biomassa cangkang sawit yang perlu diketahui. Informasi selengkapnya, simak berikut ini:

1. Kadaritas Penguapan Tinggi

Kandungan intensitas kadar penguapan yang dikandung cangkang sawit sangatlah tinggi sampai 69-70%. Bahkan, zat sulphur karbon yang ada pada cangkang sawit relatif lebih rendah sehingga bisa mengurangi pencemaran polusi udara.

Hal ini dapat membuktikan bahwa energi biomassa dari cangkang sawit jauh lebih ramah lingkungan. Berbeda halnya, dengan menggunakan batu bara yang meningkatkan kadar polusi. 

2. Berpotensi sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

Saat ini pembangkit tenaga listrik di Indonesia sebenarnya masih menggunakan tenaga fosil, sedangkan permintaan pemasangan listrik di berbagai macam daerah semakin meningkat.

Sedangkan, ketidakseimbangan permintaan dengan sumber daya yang digunakan dapat menyebabkan banyak daerah mengalami krisis listrik. Manfaat cangkang kelapa sawit energi biomassa ini bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.

3. Proses Pengolahan Energi Biomassa Berubah menjadi Energi Pembangkit Listrik 

Untuk menghasilkan energi biomassa melalui pengolahan cangkang sawit relatif sangatlah mudah. Caranya, hanya perlu membakar cangkang sawit dengan tingkat panas tertentu sesuai aturan. 

Setelah itu, uap dari cangkang sawit akan ditampung dan dialirkan melalui pipa menuju mesin uap yang dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik. Dengan begini, cangkang sawit dapat dijadikan sebagai biomassa terbaik.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan terkait, aktivitas jual cangkang kelapa sawit sebagai biomassa juga memiliki berbagai kelebihan. Jadi tidak heran apabila cangkang kelapa sawit ini banyak dibudidayakan oleh pengusaha di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.