cangkang sawit

Kegiatan jual cangkang sawit Lampung bukanlah hal yang baru bagi penduduk lokal bahkan produk ini juga sudah di ekspor. Cangkang Sawit terkenal karena memiliki banyak unsur yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. 

Mulai dari intensitas kadar air lembab hanya sekitar 7-8%, mengandung karbon aktif murni sekitar 20-22%. Mau tahu lebih banyak tentang kandungan dan manfaat lain dari cangkang sawit, simak informasinya.

Mengenai Fenomena Jual Cangkang Sawit Lampung

Cangkang kelapa sawit merupakan bagian dari buah kelapa sawit yang biasanya terletak di dalam sabut kelapa. Kegunaan cangkang sawit, akan diperoleh setelah proses pengolahan dengan cara dibakar dalam incinerator sebagai sumber energi.

Lebih lanjut lagi, cangkang kelapa sawit juga digunakan untuk kegiatan pengerasan jalan di perkebunan kelapa sawit. Namun, teknik tersebut masih belum sempurna. 

Oleh karena itu, diperlukan alternatif lain dalam pemanfaatan cangkang kelapa sawit apalagi yang sifatnya menguntungkan secara finansial. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan mengolah cangkang kelapa sawit menjadi arang aktif.

Manfaat dari Cangkang Sawit 

Sesungguhnya, manfaat cangkang sawit sangatlah beragam. Berikut ini adalah penjelasan terkait manfaat cangkang sawit, antara lain:

1. Bahan Baku Arang

Limbah cangkang sawit, biasanya dapat dijadikan sebagai bahan baku arang atau lebih dikenal sebagai charcoal. Arang yang nantinya dihasilkan dari tempurung kelapa sawit ini memiliki nilai kualitas yang tinggi. 

Hal ini disebabkan karena tempurung Sawit mempunyai kandungan zat lignoselulosa. Kelebihan lain yang dimiliki arang sawit yaitu beratnya mencapai 1,4 gram/ml sangatlah ringan. 

Lebih jauh lagi, energi panas yang dihasilkan dari pembakaran arang cangkang kelapa sawit jauh lebih besar sekitar 20.093 kJ/Kg. Jadi tempurung kelapa ini bisa menjadi alternatif ramah terhadap daya energi panas.

2. Bahan Bakar Boiler

Kedua, cangkang sawit ini juga bermanfaat sebagai bahan bakar boiler. Hal ini untuk mengubah limbah menjadi uap yang bisa menggerakan mesin turbin. 

Selain itu, cangkang kelapa sawit juga berfungsi untuk mengoperasikan mesin yang berbasis uap. Itulah mengapa tempurung sawit banyak digunakan sebagai salah satu bahan bakar alternatif, karena limbahnya yang gratis. 

Selain itu, tekanan api yang nantinya dihasilkan juga mempunyai tingkat daya panas yang maksimal. Bahkan, diketahui tekanan apinya jauh lebih besar. 

3. Campuran Pakan Ternak

Ketiga, cangkang sawit biomassa ini bisa dijadikan sebagai campuran pakan ternak. Dimana bagian yang dapat dimanfaatkan adalah bagian lapisan luar (kulit daging) kelapa sawit. 

Para peternak terkadang, mengkombinasikan antara kulit luar dengan tempurung. Tujuannya, tidak lain untuk mempercepat tingkat metabolisme tubuh dan pertumbuhan binatang. Terutama, seperti kambing, sapi, bebek, ikan hingga ayam. 

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya, yaitu penggunaan cangkang sawit sebagai campuran pakan ternak. Dimana prosesnya harus melalui prosedur yang baik dan benar. 

Jadi dengan menggunakan proses pengolahan yang aman, maka akan memudahkan binatang untuk memakannya. Hal ini juga akan mempermudah para pemilik ternak untuk memberikan pakan.

4. Bahan Pengeras Jalan

Secara umum, pengerasan jalan seringkali menggunakan aspal. Akan tetapi, berbeda halnya dengan kawasan atau daerah-daerah tertentu yang telah menggunakan cangkang sawit  arang sebagai material pengeras jalan.

Hal ini tentunya dipertimbangkan dengan melihat  beberapa hal, mulai dari tingkat harga yang jauh lebih ekonomis hingga kualitasnya yang tidak kalah kuat. 

Penutup

Berdasarkan penjelasan diatas terkait jual cangkang sawit Lampung memang memiliki banyak manfaat. Sehingga, masyarakat lebih tertarik untuk memanfaatkan cangkang kelapa sawit daripada material yang harganya lebih mahal.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.