cangkang sawit

Cangkang sawit asal Indonesia sangat mudah ditemui di pasaran dan punya banyak manfaat buat kehidupan sehari-hari. Lantas, apa, sih, yang membuat komoditi ekspor yang satu ini begitu istimewa?

Yuk, ikuti artikel penulis berikut ini untuk berkenalan dengan karakteristik, keunggulan, dan harga rata-rata pasaran cangkang sawit.

Karakteristik Cangkang Sawit Asal Indonesia

Cangkang sawit atau dapat kita sebut sebagai batok merupakan salah satu bentuk limbah sawit dengan ukuran rata-rata 2-4 cm. Cangkang itu sendiri memiliki tekstur yang keras dan kokoh, tetapi di dalamnya terdapat daging buah putih yang bersifat lunak.

Apabila sudah matang, cangkang sawit umumnya berwarna coklat gelap. Untuk kelapa sawit itu sendiri memiliki klasifikasi 3 jenis, antara lain dura dengan ketebalan cangkang 2-8 mm, tenera dengan ketebalan cangkang 0,5-4 mm, dan pisifera yang tidak memiliki cangkang.

cangkang sawit asal indonesia

Sebagai tempat untuk para pengusaha cangkang sawit bermusyawarah, mendapat pembinaan, dan mampu melakukan pengawasan serta aspirasi terhadap pasar cangkang sawit, maka terbentuklah Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia atau singkatannya APCASI.

Keunggulan Cangkang Sawit Asal Indonesia

Setelah mengetahui karakteristik cangkang sawit, lalu bagaimanakah kelebihan-kelebihan dari cangkang sawit di antara melimpahnya sumber daya alam di Indonesia? Berikut penulis telah merangkumnya menjadi 3 poin.

1. Sumber Daya Alam yang Sangat Mudah Terbarukan

Cangkang sawit adalah salah satu sumber daya alam yang proses pembaruannya sangat mudah, mulai dari proses penanaman, perawatan, dan panen yang bisa orang lakukan dalam jumlah besar tanpa cost berlebih. Hal ini membuat persediaan cangkang sawit akan selalu ada dan mudah Anda temukan di mana saja.

Melimpahnya sumber daya alam yang satu ini tidak hanya memberi kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk memanfaatkannya lebih lanjut, tetapi juga membuka peluang aktivitas ekspor. Saat ini, Kementerian Perindustrian sedang berupaya meningkatkan ekspor cangkang sawit dari Indonesia ke Jepang.

2. Memiliki Banyak Manfaat

Cangkang sawit memiliki banyak kegunaan yang bisa masyarakat gunakan. Mulai dari skala kecil dan menengah seperti campuran sehat untuk pakan ternak, bahan pelapis jalan raya, dan bahan dasar pembuatan arang batok kelapa, sampai skala yang lebih tinggi seperti bahan bakar mesin uap dan sumber listrik pada PLTU.

Pemanfaatan-pemanfaatan di atas pun terbukti tidak sekadar menjadi alternatif, tetapi memiliki kelebihan yang membuat cangkang sawit berpotensi menjadi sumber daya utama dan semakin luas pemanfaatannya di Indonesia.

3. Harga yang Terjangkau

Cangkang sawit memang sangat mudah masyarakat “akses” di mana saja atau istilah lainnya accessible. Jumlahnya yang melimpah bebarengan dengan harganya yang ramah di dompet per kilogramnya. Dengan demikian, Anda dapat membeli dalam jumlah banyak untuk pemanfaatan yang lebih besar.

Harga Cangkang Sawit di Indonesia

Setelah berbicara tentang karakteristik dan keunggulan cangkang sawit asal Indonesia, rasanya kurang lengkap jika penulis tidak memberikan informasi tentang harga cangkang sawit seperti pada poin ketiga di atas.

Harga cangkang sawit yang tersedia di pasaran rata-rata Rp1.500 sampai Rp2.500 per kilogram. Meski demikian, Anda juga akan sering menemukan harga yang lebih murah. Untuk cangkang sawit yang kualitas produksinya lebih bagus, ada kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi dari yang penulis tampilkan di sini.

Penutup

Sekian dulu perkenalan dengan cangkang sawit asal Indonesia kali ini, berupa karakteristik, keunggulan, dan harga umum yang bisa Anda temui di pasaran. Bagaimana? Tertarik untuk mulai memanfaatkan sumber daya alam terbarukan asal Indonesia yang satu ini?

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.