cangkang sawit curah

Cangkang sawit curah saat ini potensi penjualannya terus meningkat. Produk cangkang kelapa sawit berguna sebagai bahan bakar alternatif banyak diburu, terlebih pada sektor industri di banyak negara. Terjadinya kenaikan harga cangkang kelapa sawit juga dipicu oleh peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan. Apalagi ada program bauran energi di beberapa negara di dunia.

Harga cangkang sawit naik dipengaruhi kebutuhan energi dunia yang semakin besar. Misalnya seperti Negara Jepang yang menjadi pangsa pasar paling mendominasi cangkang sawit Indonesia. Bahkan diperhitungkan akan tetap menjadi pasar utamanya pada komoditas tersebut. Setiap tahunnya semakin banyak membangun power plan dengan basis bio energi, biomassa, dan 70-100 persen bahan bakunya dengan cangkang sawit.

Bukan hanya Jepang, pasar ekspor cangkang sawit lainnya ke Thailand, Taiwan, Korea Selatan, serta China. Cangkang sawit Indonesia memang menjadi rebutan bagi banyak negara karena memiliki kualitas yang baik. Sementara negara lainnya yang juga pengekspor cangkang sawit semisal Malaysia, namun memiliki ciri khas yang tipis.

cangkang sawit curah

Potensi Penjualan Cangkang Sawit Curah Terus Meningkat

Salah satu jenis pohon yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia yakni kelapa sawit. Varietas dari pohon satu ini cukup identik sebagai penghasil minyak sawit. Produk yang secara murni berasal dari pemanfaatan isi buah kelapa Sawit. Sebelumnya hanya buah kelapa Sawit yang seringkali dijadikan bahan pokok produksi. Namun cangkang sawit saat ini menjadi produk yang berguna, meski dahulu hanya dibuang sia-sia.

Bahkan perlu Anda tahu bahwa potensi penjualan cangkang terus meningkat. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang dimiliki cangkang sawit. Kandungan yang tersemat dalam tempurung atau cangkang kelapa Sawit ini bisa memberikan banyak manfaat. Cangkang ini ternyata memiliki unsur-unsur yang sama sekali berbeda dengan produk lainnya. Adapun beberapa unsur yang terkandung pada cangkang Sawit ada berbagai macam.

Cangkang sawit curah memiliki kandungan kadar air yang lembab (moisture in Analysis), lebih tepatnya yakni sebesar 15-25% (As received)  atau 8 – 11% (Air Dried Basis). Produk ini memiliki kadar abu (ash content) yang minim hingga kurang lebih sekitar 1-3%. Kadar penguapan dari cangkang sawit yang cukup tinggi, (volatile matter) yakni sekitar 68 – 70%. Bukan hanya itu, terdapat kandungan karbon aktif sekitar murni (fixed carbon) sekitar 20-22%. Bahkan juga mempunyai kalori lebih dari 4.200 Kcal.

Manfaat Cangkang Sawit

Cangkang sawit merupakan bagian keras yang ada pada buah kelapa sawit dan fungsinya untuk  melindungi isi atau kernel dari buah sawit tersebut. Secara umum, bagian ini hampir sama dengan tempurung kelapa yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa dengan mudah mendapatkan cangkang sawit curah dengan kualitas mutu terjamin. Pemanfaatan cangkang sawit bisa menjadi bahan bakar boiler yakni alat yang biasa digunakan di pabrik kelapa sawit dan fungsinya untuk mengubah air menjadi uap air.

Tekanan yang dihasilkan dari uap ini bisa digunakan dalam memutar turbin serta mengoperasikan semua mesin dengan basis uap. Cangkang kelapa sawit memang paling sering dijadikan sebagai bahan bakar alternatif boiler. Tak hanya gratis, namun cangkang sawit juga mampu menghasilkan api dengan tingkat kepanasan yang tinggi.

Bahan baku arang juga berasal dari cangkang kelapa sawit yang dikenal dengan istilah charcoal. Kualitas charcoal termasuk lebih tinggi dibandingkan arang kayu karena kandungan lignoselulosa pada tempurung sawit. Berat jenisnya juga lebih tinggi daripada kayu yakni sekitar 1,4 gram/mL. Rata-rata tingkat energi panas yang bisa dihasilkannya mencapai 20.093 kJ/Kg. Untuk itu, cangkang sawit curah menjadi pilihan alternatif dan permintaannya terus meningkat. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.