harga cangkang sawit di bengkulu

Hingga saat ini, hampir semua bagian kelapa sawit bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk bagian tempurung atau cangkangnya. Untuk daerah Bengkulu yang membutuhkan cangkang kelapa sawit, artikel tentang harga cangkang sawit di Bengkulu ini bisa membantu Anda menemukan harga jual maupun beli yang pas.

Cangkang Sawit Bisa Jadi Apa?

Pernah tahu minyak kelapa sawit? Yap, itu salah satu bentuk pemanfaatan buah kelapa sawit. Saat proses produksi minyak kelapa sawit, biasanya menghasilkan limbah berupa cangkang sawit (palm kernel shell/PKS).

harga cangkang sawit di bengkulu

Agar cangkang sawit tidak dibuang begitu saja, maka bisa dimanfaatkan untuk keperluan berikut:

1. Sebagai Bahan Pengeras Jalan

Mungkin ini terdengar seperti hal baru karena biasanya pengerasan jalan menggunakan aspal. Tapi di daerah tertentu yang banyak mengolah perkebunan sawit, pengerasan jalan dilakukan dengan melapisi jalanan menggunakan cangkang sawit. Hal ini dilakukan karena selain harga lebih ekonomis dibanding aspal, kualitasnya juga kuat.

Apa di daerah Anda menggunakan cara unik ini untuk memanfaatkan cangkang sawit?

2. Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Cangkang sawit banyak diburu industri sebagai bahan bakar alternatif untuk menggerakkan mesin berbasis uap, misalnya boiler. Cangkang sawit sebagai bahan bakar alternatif ini termasuk upaya menghemat persediaan minyak bumi dan sebagai pengganti batu bara.

Upaya tersebut berarti termasuk salah satu program mendukung renewable energy (energi baru dan terbarukan) yang lebih ramah lingkungan. Sangat menarik bukan?

Akan tetapi, kegiatan ini bisa mempengaruhi harga cangkang sawit. Meningkatnya penggunaan renewable energy membuat harga cangkang sawit per kg juga meningkat, alias makin mahal, karena permintaannya semakin banyak.

3. Sebagai Bahan Baku Arang

Arang atau charcoal dari cangkang sawit memiliki kualitas tinggi karena ada kandungan zat lignoselulosa. Selain itu, beratnya bisa sampai 1,4 gram/ml dan energi panas yang dihasilkan dari proses pembakaran lebih besar hingga mencapai 20.093 kJ/kg.

Jika dibandingkan dengan arang kayu atau arang dari cangkang kelapa biasa, perbedaan ini akan sangat ketara.

Harga Cangkang Sawit di Bengkulu

Dengan manfaat yang beragam, berapa harga cangkang kelapa sawit? Ada banyak negara yang memburu cangkang sawit dari Bengkulu, seperti negara Thailand dan Jepang.

Hal ini karena ukuran cangkang sawit Bengkulu lebih tebal, besar, dan harganya lebih rendah dibanding cangkang sawit dari daerah lain.

Bahkan Thailand rela berebut dengan Jepang demi bisa dapat cangkang sawit terbaik dari Bengkulu. Harga yang ditawarkan mencapai US$ 1.300 per metrik ton, angka yang terbilang cukup kompetitif.

Untuk keperluan pribadi atau di dalam negeri, cangkang sawit bisa dengan mudah Anda temukan di toko online maupun forum jual-beli online. Sebagai referensi, harga cangkang sawit per 1 kg sekitar Rp2.500, per 500 kg sekitar Rp1.200.000, dan per 1 ton sekitar Rp1.500.000.

Harga ini terbilang cukup stabil di angka 1,5 juta rupiah per ton. Sedangkan, harga cangkang sawit eceran per kg sedikit mengalami kenaikan dari yang awalnya kisaran Rp1.450 sampai Rp2.000, sekarang menjadi Rp2.500. Perbedaan harga ini juga tergantung di mana Anda membeli.

Penutup

Harga cangkang sawit di Bengkulu bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, jika Anda mengetahui update terbaru tentang harga cangkang sawit, silakan beri tahu kami melalui kolom komentar. Jangan lupa untuk share info ini, ya.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.