cangkang kelapa sawit bisa diolah menjadi bahan pembuatan

Cangkang kelapa sawit bisa diolah menjadi bahan pembuatan apa saja? Selain merupakan sumber utama dalam pembuatan minyak, kelapa sawit terbilang juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Mungkin hal ini belum terlalu diketahui banyak orang. Nah, untuk itu, simak penjelasannya berikut ini.

Cangkang Kelapa Sawit Bisa Diolah Menjadi Bahan Pembuatan Apa Saja?

Cangkang kelapa sawit ini sebenarnya juga mempunyai banyak unsur yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup manusia. Terdapat beberapa unsur yang terkandung antara lain ash content ( kadar abu) yang cukup minim sekitar 2-3%. Memiliki kadar air yang cukup lembab yaitu sekitar 7-8%. Selain itu juga memiliki kandungan karbon aktif murni (fixed carbon) yang cukup tinggi, dan kuantitas volatile matter. Dari semua kandungan tersebut tentunya menjadikan cangkang kelapa mempunyai banyak manfaat.

Dilihat dari segi penggunaan minyak kelapa sawit yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga membuat produksinya juga terus meningkat. Dan peningkatan produksi tersebut tentunya juga menghasilkan limbah cangkang kelapa yang cukup banyak juga. Nah, kerap kali limbah tersebut hanya saja dibiarkan menumpuk. Padahal cangkang kelapa sawit bisa diolah menjadi bahan pembuatan produk yang bermacam-macam. Penasaran apa saja? Yuk simak rangkaiannya berikut ini.

cangkang kelapa sawit bisa diolah menjadi bahan pembuatan

1. Bahan Baku Charcoal (Arang)

Limbah kelapa sawit memiliki potensi yang tinggi untuk pembuatan bahan baku charcoal atau biasa disebut arang yang berkualitas tinggi. Hal itu dikarenakan cangkang kelapa sawit mempunyai kandungan lignoselulosa serta kadar abu yang sangat minim. Selain itu, kadar energi panas yang dihasilkan dari pembakaran cangkang kelapa ini cukup besar. Sehingga jika dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin akan mempunyai daya jual yang tentunya cukup ekonomis.

2. Bahan Pengeras Jalan

Pada umumnya untuk pengerasan jalan kerap menggunakan aspal. Nah, perlu kamu ketahui juga, di daerah tertentu yang mengolah kebun kelapa sawit, kerap kali memanfaatkan cangkang sawit untuk melapisi jalan raya. Sehingga tak hanya sebagai penghasil minyak, cangkang kelapa sawit ini juga bisa dijadikan bahan efektif untuk hal tersebut yang mempunyai harga lebih ekonomis.

3. Bahan Bakar Boiler

Cangkang kelapa sawit bisa menjadi bahan pembuatan bahan bakar boiler juga lho. Limbah yang dihasilkan bisa diubah menjadi uap untuk menggerakkan mesin turbin. Selain itu, juga bermanfaat untuk menjalankan beberapa mesin lainnya yang bertenaga uap. Sehingga cangkang kelapa ini merupakan salah satu limbah yang sangat bermanfaat sebagai bahan bakar alternatif serta juga mempunyai harga yang sangat murah dan cukup efektif.

4. Campuran Pakan Ternak

Cangkang kelapa sawit juga mempunyai manfaat sebagai campuran pakan ternak. Pada bagian lapisan luar atau kulit daging kelapa sawit itulah yang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut. Dengan menggunakan bahan ini sebagai campuran akan mempercepat tingkat metabolisme pada pertumbuhan hewan ternak. Namun, jika ingin memberi makanan hewan dengan dicampurkan cangkang kelapa ini perlu memperhatikan prosedur dan pengolahan yang tepat dan benar.

5. Berpotensi Untuk Pembangkit Tenaga Listrik

Cangkang kelapa sawit bisa diolah menjadi bahan pembuatan energi tenaga listrik. Mengapa demikian? Hal tersebut karena cangkang kelapa sawit mempunyai unsur energi biomassa yang cukup tinggi serta ramah lingkungan. Dengan tingginya unsur tersebut, setidaknya mampu dijadikan sebagai energi alternatif di bumi. Untuk cara pemanfaatannya yaitu dengan membakar cangkang kelapa sawit dengan menggunakan tingkat panas tertentu. Lalu uapnya akan dialirkan melalui pipa menuju ke mesin uap untuk sumber energi pembangkit listrik.

Selain dimanfaatkan untuk memproduksi minyak, cangkang kelapa sawit bisa diolah menjadi bahan pembuatan beberapa macam produk lain seperti yang dijelaskan diatas. Sehingga penumpukan limbah cangkang kelapa tersebut tidak terbuang dengan sia-sia.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.