cangkang sawit cianjur

Cangkang sawit Cianjur memang sangat bermanfaat hingga ke Negeri Sakura. Kelapa sawit bukan hanya sebagai sumber utama dalam menghasilkan minyak, namun kelapa Sawit ternyata juga memiliki manfaat lainnya yang belum tereksplor ke muka umum. Misalnya seperti cangkang maupun tempurung sawit, sesungguhnya mempunyai banyak unsur. Bahkan juga memberi banyak manfaat dalam kelangsungan kehidupan manusia. Adapun beberapa varietas kandungan unsur inilah yang menjadi pijakan penggunaan cangkang sawit.

Cangkang Sawit Cianjur Jadi Produk yang Ramah Lingkungan

Indonesia selama ini memang dikenal sebagai salah satu negara produsen sawit terbesar. Bukan hanya buahnya, namun cangkang sawit Indonesia bermanfaat hingga dijual ke luar negeri. Indonesia turut mengekspor cangkang sawit ke luar negeri. Meski dikenal sebagai limbah, namun  faktanya cangkang sawit laku dijual dan juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi Indonesia. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini terus memperluas pasar ekspor pengolahan kelapa sawit. Bahkan termasuk produk biomassa cangkang sawit ke wilayah Negeri Sakura.

Produk turunan cangkang sawit asal Indonesia ini memang sangat diminati di pasar Jepang. Produk yang berkualitas ini menjadi sumber energi primer ramah lingkungan. Banyak yang mendukung masuknya investasi pada industri hilir terhadap pengolahan cangkang menjadi bahan bakar terbarukan. Apalagi dengan nilai kalori tinggi usai komoditas diolah menjadi produk pellet biomassa dan memiliki kerapatan energi yang lebih tinggi.

Cangkang sawit memang termasuk biomassa potensial yang bisa diolah menjadi produk hilir. Potensi produksi cangkang sawit di Indonesia, ternyata bisa mencapai 11 juta ton per tahun. Dengan angka  ekspor mencapai 3,5 juta ton atau 30% per tahun yang berbentuk komoditas setengah jadi. Terdapat salah satu wujud tanggung jawab binaan sektor industri biomassa sawit. Kemenperin melalui Perindustrian KBRI di Tokyo turut menginisiasi aktivitas forum bisnis yang ada di sana.

Kegiatan yang berlangsung mempertemukan pelaku usaha produk cangkang sawit Cianjur yang tergabung di dalam asosiasi. Salah satu dari peluang investasi pada sektor industri olahan cangkang sawit yakni produksi pellet. Produknya yang bisa meningkatkan nilai dari kalori cangkang menjadi setara batubara antrasit yakni 6.100-6.400 kcal/kg. Untuk pengembangan perindustrian pellet cangkang kelapa sawit ini masih memiliki sejumlah tantangan penyediaan teknologi permesinan yang canggih. Bahkan termasuk yang telah dan sedang dikembangkan fabrikasi permesinan Jepang.

Pemanfaatan Cangkang Sawit

Pemanfaatan cangkang sawit yang berkualitas selama ini dikenal sebagai bahan arang. Sebab, cangkang sawit memiliki kandungan zat lignoselulosa. Untuk itu, arang yang dihasilkannya memiliki kualitas tinggi. Kelebihan lainnya yang ditonjolkan dari arang sawit ini yakni masalah beratnya yang bisa mencapai 1,4 gram/ml. Sementara pembakaran arang bisa menghasilkan energi panas yang lebih besar yakni sekitar 20.093 kJ/Kg. Cangkang Sawit juga bermanfaat sebagai bahan bakar boiler, yakni mengubah limbah menjadi uap yang bisa menggerakan mesin turbin.

Tak hanya itu, berfungsi juga untuk mengoperasikan berbagai mesin berbasis uap. Kemudian tekanan api yang dihasilkannya juga lebih memberikan tingkat kekuatan panas yang maksimal dan lebih besar. Cangkang sawit ini memiliki kelebihan lain selaku bahan bakar ramah lingkungan. Apalagi tidak memiliki kandungan sulfur. Jadi, tidak akan menciptakan gas pencemar. Untuk itu, cangkang sawit juga termasuk salah satu bahan bakar alternatif yang bisa menghemat persediaan minyak bumi.

Dengan demikian, cangkang sawit salah satu produk berkualitas dan sumber energi yang efisien serta berkelanjutan. Dewasa ini, pemakaian sumber alternatif energi dari cangkang sawit Cianjur masih perlu ditingkatkan. Indonesia memiliki perkebunan yang luas dan produksi melimpah, sehingga potensi besar yang berperan dalam mengembangkan cangkang sawit menjadi energi alternatif ramah lingkungan.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.