cangkang kelapa sawit bioenergi

Cangkang kelapa sawit bioenergi ini terbukti menjadi salah satu sumber energi terbarukan. Unsur biomassa yang ada di cangkang kelapa mampu menghasilkan bioenergi alternatif serta menjadi produk dengan nilai tambah. Selain itu juga bermanfaat sebagai pembangkit energi listrik.

Biomassa pada perkebunan kelapa sawit memanglah belum terlalu terkenal maupun dilirik banyak orang. Walaupun begitu, ada beberapa orang yang sudah mulai memanfaatkan bahan baku cangkang kelapa untuk menghasilkan bioenergi. Nah, untuk lebih jelasnya, perhatikan di bawah ini.

Cangkang Kelapa Sawit Bioenergi yang Potensial

Cangkang kelapa sawit memanglah sudah lama digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Sebuah penelitian menyatakan biomassa dalam cangkang kelapa sawit ini sangat berpotensi untuk bahan baku pembuatan bioenergi. Keberadaan biomassa sawit yang cukup melimpah juga dapat dijadikan peluang oleh beberapa pihak. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan internal pada suatu perusahaan, melainkan juga dapat menjadi produk yang terbarukan.

Walaupun mempunyai potensi yang besar untuk bahan baku bioenergi, biomassa pada cangkang kelapa sawit masih dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Sehingga hal tersebut masih dianggap belum terlalu mempunyai nilai ekonomis untuk dikembangkan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh keberadaan teknologi penunjang masih dianggap cukup mahal sehingga kurang menguntungkan secara komersial.

Padahal, keberadaan biomassa yang menghasilkan bioenergi ini sudah dilirik oleh negara-negara maju yang lainnya. Namun, kendala yang terjadi juga menjadi permasalahan ketika ingin memanfaatkan biomassa pada cangkang kelapa sawit tersebut. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia masih belum mempunyai kebijakan yang berfokus untuk mengembangkan biomassa yang dimilikinya tersebut.

Pemanfaatan Biomassa Menghasilkan Bioenergi

Alasan cangkang kelapa sawit bioenergi ini karena mempunyai kandungan kadar uap yang cukup tinggi yaitu mencapai 69-70% . Selain itu juga mempunyai zat sulphur yang cukup rendah, sehingga bisa mengurangi pencemaran polusi udara. Tak hanya itu, para peneliti mengatakan kandungan lignoselulosa pada cangkang sawit dapat dikonversi menjadi cairan, charcoal (arang) maupun gas dengan melalui proses pirolisis.

Nah, pirolisis ini merupakan penguraian kandungan kimia pada biomassa dengan memanfaatkan energi panas tanpa menggunakan campuran oksigen pada suhu 200-600 derajat celcius. Pirolisis lignoselulosa pada biomassa ini dihasilkan melalui tiga tahapan diantaranya, uap air, lalu dekomposisi hemiselulosa, dekomposisi selulosa serta dekomposisi lignin. Sehingga memanfaatkan biomassa pada cangkang kelapa untuk menghasilkan bioenergi terbukti lebih ramah lingkungan. Serta dengan adanya kadar penguapan yang cukup tinggi tentunya juga berpotensi sebagai energi alternatif yang cukup efektif. Berbeda dengan pemanfaatan batu bara sebagai sumber daya alam yang pada umumnya lebih memiliki polusi udara yang cukup tinggi.

Memiliki Potensi Untuk Pembangkit Tenaga Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cangkang kelapa sawit bioenergi ini juga dapat berpotensi sebagai pembangkit tenaga listrik yang cukup efektif juga. Untuk prosesnya juga terbilang cukup mudah serta juga mempunyai harga yang sangat ekonomis. Cara pemanfaatannya yaitu dengan membakar cangkang kelapa sawit dengan menggunakan tingkat kepanasan yang tepat sesuai dengan aturan. Setelah itu, uap yang dihasilkan akan ditampung lalu dialirkan melalui pipa menuju ke mesin uap yang tersedia.

Jadi begitulah potensi cangkang kelapa sawit bioenergi alternatif yang dihasilkan melalui pemanfaatan biomassa. Jika bisa terus untuk dikembangkan, maka akan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi serta menjadi peluang yang cukup menjanjikan untuk berbisnis. Sehingga limbah cangkang kelapa tak hanya dibiarkan menumpuk atau bahkan dibuang sia-sia.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.