cangkang sawit aceh

Cangkang sawit Aceh bisa dimanfaatkan sebagai alternatif bahan bakar yang murah serta berkelanjutan. Pasalnya ketersediaannya tidak perlu untuk diragukan sebab di Indonesia sendiri telah mempunyai perkebunan kelapa sawit yang begitu luas. Terlebih, sekarang ini semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka semakin meningkat pula energi listrik yang dibutuhkan di Indonesia. Hal tersebut membuat terjadinya krisis energi listrik yang dikarenakan semakin menipisnya sumber energi konvensional. Dan juga sebagian besar pembangkit tenaga listrik yang berada di Indonesia memakai bahan bakar fosil untuk menjadi bahan bakar utamanya.

Adapun solusi yang bisa diterapkan yaitu dengan memanfaatkan sumber energi alternatif yang bisa menjadi bahan bakar subtitusi yang ramah terhadap lingkungan, efisien, efektif, serta berkelanjutan. Terdapat salah satu energi alternatif yang berkelanjutan yaitu berasal dari biomassa sawit. Biasanya biomassa tersebut berasal dari limbah kelapa sawit. Bagian kelapa sawit yang digunakan yaitu cangkang serta serabut yang telah terkumpul dari sekitaran PKS. Maka tidak memerlukan pengumpulan biaya yang begitu besar.

Cangkang Sawit Aceh Diekspor ke Jepang

Apabila limbah cangkang sawit dikelola, maka nantinya limbah cangkang sawit dapat digunakan menjadi energi alternatif sebagai pengganti fosil. Produk ini kemudian dapat dipakai untuk menjadi bahan bakar pada PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap. 

Telah banyak studi yang membuktikan dalam pemanfaatan limbah cangkang sawit menjadi bahan bakar pembangkit listrik. Pasalnya cangkang sawit Aceh juga sekarang ini sudah mulai di ekspor ke negeri Sakura. 

Selama ini Jepang hanya mengetahui cangkang sawit yang diekspor berasal dari Sumatera Utara dan Riau. Akan tetapi, sekarang ini telah diekspor juga cangkang sawit yang berasal dari Aceh. Bahkan Jepang baru mengetahui, bahwa Aceh mempunyai lahan sawit yang cukup luas mencapai 400.000 hektar serta PKS sebanyak 55 unit, bahkan lebih. 

Diyakini bahwa bisnis ekspor cangkang sawit tersebut akan sukses besar. Hal tersebut dikarenakan sumber bahan bakunya banyak serta transportasinya juga lebih dekat. Biak pengangkutan dari aceh ataupun pengiriman ke negeri Sakura Jepang melalui tol laut. 

Keunggulan Limbah Cangkang Sawit

Apakah Anda telah mengetahui apakah keunggulan dari biomassa yang berasal dari cangkang sawit? Pasalnya biomassa yang mempunyai nilai komersial yang cukup efisien untuk pembangkit listrik bioenergi yaitu cangkang sawit. Hal tersebut selain dikarenakan kalorinya yang cukup tinggi, faktor logistik serta inventory yang mudah sehingga membuat negara Jepang concern pada biomassa milik Indonesia. 

Sampai sekarang ini sudah tercatat bahwa negara Sakura Jepang tersebut telah melakukan impor hampir kurang lebihnya 1,2 ton cangkang sawit untuk per tahunnya. Hal itu akan semakin bertambah dikarenakan jumlah pabrik pembangkit listrik bioenergi yang dibangun teru saja bertambah serta bertumbuh. 

Untuk bahan bakunya sendiri terdapat 100 persen yang memakai cangkang sawit Aceh, terdapat pula yang 30 persen dikombinasikan dengan wood pellet, kemudian yang 70 persennya cangkang sawit. Adapun hal lain yang membuat permintaan cangkang sawit sangat besar ke Jepang dikarenakan kebijakan pemerintah di negara tersebut. Pasalnya METI menjadikan limbah cangkang sawit dalam FIT tariff untuk biomassa. 

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam cangkang sawit terdapat sejumlah kandungan unsur. Antara lainnya dimulai dari mempunyai kadar abu (ash content) yang minim, yaitu sebanyak kurang lebihnya 2 sampai dengan 3 persen. Kemudian, cangkang sawit juga mempunyai intensitas kadar air yang cukup lembab atau moisture i analysis, yaitu kurang lebihnya sebesar 7 sampai dengan 8 persen. Mempunyai juga karbon aktif kurang lebih nya muri atau fixed carbon dengan banyaknya intensitas sebesar 20 sampai dengan 22 persen. 

Cangkang Sawit Aceh juga diketahui mempunyai kuantitas volatile matter atau kadar penguapan yang bisa masuk dalam kategori cukup tinggi, yaitu kurang lebihnya 69 persen sampai 70 persen. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.