batok sawit ayam bangkok

Ternyata, batok sawit ayam bangkok memiliki berbagai manfaat yang belum tereksplor. Cangkang atau tempurung sawit sesungguhnya memiliki banyak unsur yang dapat memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. 

Adapun kandungan unsur tersebut, mulai dari ash content (kadar abu), yaitu kurang lebih 2-3%. Memiliki intensitas kadar air yang begitu lembab, yaitu sebesar 7-8%. Mengandung karbon aktif sekitar murni dengan intensitas sekitar 20-22%.

Manfaat Batok Sawit

Hampir jauh berbagai dengan kelapa biasa pada umumnya, varietas sawit ini mempunyai keunggulan yang lebih menonjol. Adapun manfaat batok sawit dan lainnya akan disampaikan berikut ini:

1. Batok Sawit Ayam Bangkok sebagai Campuran Pakan

Batok sawit ayam bangkok dapat dijadikan sebagai salah satu campuran pakan ternak. Dimana yang dimanfaatkan, hanya pada bagian lapisan luar dari kelapa sawit saja. 

Selain itu, ada perpaduan antara kulit luar dengan tempurung. Sehingga bisa langsung mempercepat tingkat metabolisme tubuh dan pertumbuhan binatang-binatang. 

Misalnya saja seperti kambing, Sapi, bebek, ikan hingga ternak ayam. Akan tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan cangkang Sawit sebagai salah satu campuran pakan ternak.

Namun, hal ini harus sesuai dengan prosedur yang baik dan benar. Hanya dengan menggunakan proses pengolahan yang aman dan memudahkan binatang untuk bisa memakannya.

Batok sawit ayam bangkok ini juga  sudah memiliki karbon aktif sekitar murni (fixed carbon) dengan intensitas sebesar 20-22%. Selain itu, sudah ada kuantitas volatile matter yang bisa dikategorikan sangat tinggi, yaitu berkisar 69-70%. 

Varinitas kandungan unsur inilah yang akan menjadi pijakan pemakaian cangkang sawit. Inilah yang sering menjadi persoalan saat ingin memanfaatkan cangkang Sawit.

2. Batok Sawit untuk Bahan Baku Arang

Selain manfaat batok sawit ayam bangkok, bisa juga dijadikan sebagai bahan baku arang atau lebih dikenal dengan istilah charcoal. Arang yang nantinya dihasilkan dari tempurung kelapa sawit mempunyai kualitas tinggi. 

Hal ini tentunya karena tempurung kelapa sawit sudah memiliki kandungan zat lignoselulosa. Keunggulan lain yang ada pada arang sawit adalah beratnya mencapai 1,4 gram/mL.

Sementara itu, energi panas yang akan dihasilkan dari pembakaran arang sejumlah 20.093 kJ/Kg. Perbedaan ini sangat mencolok, bila dibandingkan dengan arang yang berbahan dasar dari kayu atau tempurung kelapa. 

3. Bahan Bakar Boiler

Kedua, batok sawit berfungsi sebagai bahan bakar boiler. Ini dapat mengubah limbah menjadi uap yang bisa menggerakan mesin turbin. Selain itu, berguna untuk mengoperasikan mesin yang berbasis uap. 

Alasan tempurung sawit ini digunakan sebagai bahan bakar alternatif, karena barangnya yang limbah bersifat gratis. Selain itu, terdapat tekanan api yang dihasilkan dan memiliki tingkat daya panas maksimal. Ini bisa menjadi satu bahan bakar alternatif untuk menghemat persediaan minyak bumi.

4. Bahan Pengeras Jalan

Jika dilihat secara umum, pengerasan jalan seringkali menggunakan aspal. Namun, sangat berbeda dengan kawasan atau daerah tertentu yang telah mengelola perkebunan kelapa sawit. 

Hal ini justru pengelola lebih suka melapisi jalan raya dengan menggunakan cangkang kelapa sawit. Ini tentunya dapat dilakukan dengan berpijak pada berbagai macam hal. 

Baik itu mulai dari tingkat harga yang lebih jauh ekonomis maupun lainnya. Ada juga yang berkebalikan dengan harga aspal. 

Bahkan, ada yang lebih besar tingkatan kualitas dan tidak kalah kuat. Ada juga yang berbanding lurus, bahkan lebih bagus ketimbang aspal.

Penutup

Memang beberapa manfaat bisa didapatkan dari batok sawit ayam bangkok dan lainnya yang ada pada artikel ini. Banyaknya buah sawit yang bertebaran di Indonesia bisa digunakan untuk sejumlah kebutuhan. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.