cangkang sawit buat apa

Cangkang sawit buat apa? Pertanyaan ini sering diucapkan oleh sebagian besar masyarakat. Padahal cangkang sawit ini memiliki banyak manfaat tidak terduga.

Sehingga selain hanya bisa untuk menghasilkan minyak, maka kelapa sawit juga memiliki beragam manfaat tak terkecuali pada cangkangnya. Daripada dibuang sayang, akan lebih baik lagi jika dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam kehidupan.

Cangkang Sawit Buat Apa? Simak Beberapa Manfaatnya Ini!

Cangkang sawit sendiri merupakan sebuah limbah yang asalnya dari produksi minyak kelapa sawit. Jadi cangkang ini bentuknya berupa pecahan-pecahan kecil yang diperoleh dari proses pencacahan untuk mengambil daging buahnya. Namun siapa sangka, ternyata limbah cangkang sawit ini memiliki banyak manfaat karena bisa diolah menjadi beberapa produk berguna.

Sebagai Biomassa

Biomassa yang asalnya dari industri minyak kelapa sawit adalah bahan bakar energi yang terbarukan dan sangat populer. Melimpahnya sumber daya biomassa ini karena perkembangan industri minyak kelapa sawit yang super cepat di tanah air ini.

Cangkang sawit sendiri adalah sebuah bahan yang berserat dan mudah dalam penanganannya untuk membuat produk berguna lain. Jadi, cangkang sawit ini merupakan pecahan cangkang setelah biji sawitnya dikeluarkan lalu dihancurkan untuk kemudian menjadi minyak.

Sehingga saat ada pertanyaan soal cangkang sawit buat apa, maka salah satunya adalah sebagai biomassa yang penuh guna. Sebab dalam proses pembuatan cangkang sawit ini akan ada pecahan kecil dan besar yang kemudian bercampur merata.

Selanjutnya kadar air dalam cangkang ini juga tergolong lebih rendah daripada dengan residu biomassa lain dengan sumber daya berbeda itu. Pasalnya, cangkang sawit ini juga mengandung residu dari bagia minyak kelapa sawit dan cocok sebagai penghangat ruangan dengan nilai lebih tinggi.

Bila perbandingan dengan industri residu biomassa lain, maka cangkang sawit adalah salah satu bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik. Selain itu, bahan ini juga memiliki ukuran beragam dan mudah dalam penghancurannya sebab hanya memiliki tingkat kelembaban rendah.

Sementara itu cangkang dan serat yang dihasilkan minyak kelapa sawit ini juga sering digunakan sebagai salah satu bahan bakar untuk ketel uap. Jadi uap yang dihasilkan berguna untuk menjalankan turbin yang akan memproduksi listrik secara mudah.

Nah, dari dua bahan bakar ini, maka akhirnya akan menghasilkan energi yang lebih dari cukup dalam memenuhi kebutuhan energi di pabrik kelapa sawit. Selain itu permintaan cangkang sawit sendiri juga semakin meningkat pesat, termasuk di Indonesia ini.

Untuk saat ini pun industri semen juga telah menggunakan cangkang sawit ini sebagai pengganti batubara. Sehingga cangkang sawit buat apa, maka ini sebagai sumber biomassa untuk menjadi energi alternatif saat harga batubara meninggi.

Bahan Pengeras Jalan dan Bahan Baku Arang

Biasanya pengerasan jalan sering menggunakan bahan dari aspal. Akan tetap berbeda lagi dengan kawasan dan daerah-daerah tertentu yang justru mengelola perkebunan kelapa sawit.

Bagaimana tidak, pasalnya mereka justru malah melapisi jalan raya menggunakan bahan dari cangkang sawit ini. Hal ini mereka lakukan dengan berpijak pada beberapa hal.

Misalnya saja mulai dari tingkat harga yang lebih terjangkau dan ekonomis, namun berkebalikan dengan harga aspal yang mahal. Selain itu tingkatan kualitasnya juga tak kalah kuat dan jauh lebih bagus daripada penggunaan aspal untuk jalan.

Tidak hanya itu saja, melainkan limbah dari cangkang sawit ini juga bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar baku arang. Atau dalam istilah lain lebih dikenal sebagai sebutan charcoal.

Pasalnya arang yang diperoleh dari tempurung kelapa sawit ini juga memiliki kualitas yang sangat tinggi. Hal ini karena tempurung kelawa sakit alias cangkangnya mengandung kandungan zat lignoselulosa tinggi.

Tak hanya itu namun hal yang ditonjolkan oleh arang sawit ini adalah masalah beratnya yang bisa mencapai hingga 1,4 gram/ml. Selain itu energi panas yang akan dihasilkan dari pembakaran arang juga jauh lebih besar jumlahnya.

Dari perbedaan yang mencolok ini, maka sangat terlihat jika dibandingkan dengan arang yang terbuat dari bahan dasar kayu. Sehingga cangkang sawit buat apa, maka ini menjadi alternatif terbaik yang lebih ramah terhadap energi panas.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.