sampah cangkang sawit

Tahukah Anda bahwa sampah cangkang sawit sebenarnya dapat diubah menjadi berbagai macam produk baru. Jadi tidak hanya menjadi bahan sisa tidak bernilai namun mampu menghasilkan nilai jual.

Sebenarnya hanya dengan mengeringkan saja kita sudah bisa mengubahnya menjadi barang bernilai. Karena ketika dijual dalam bentuk seperti itu saja sudah memiliki nilai lebih dibandingkan hanya sisa saja.

Jika ingin menjual dalam bentuk kering harganya sekitar 900 rupiah setiap kilogram. Tentu tidak perlu ada biaya produksi untuk mengubah sampah cangkang sawit ketika akan dijual bentuk keringnya.

Ini adalah salah satu metode paling sering dilakukan oleh para petani kelapa sawit dengan sampahnya. Jadi ini sudah bukan barang langka lagi dan sering ditemui di berbagai perkebunan Indonesia.

Namun masalahnya adalah banyak juga perkebunan nasional hanya menjadikannya tumpukan sampah. Apabila Anda kreatif tentu saja dapat mengubah menjadi barang bernilai jual tinggi.

Sampah Cangkang Sawit Bisa Jadi Karya Seni

Apabila Anda memiliki kemampuan berkarya cukup tinggi maka ini adalah salah satu opsi tepat. Ada berbagai macam kerajinan yang dapat dibentuk menggunakan barang sisa seperti cangkangnya sawit.

  1. Mozaik 

Salah satu karya paling sering kita temui adalah membuatnya menjadi mozaik. Jadi nantinya kita bisa menghasilkan berbagai macam karya dengan bentuk luar biasa dari bahan seperti ini.

Memang sampah cangkang sawit terutama dalam bentuk kering akan sempurna dijadikan mozaik. Baik nantinya digunakan menjadi dua atau tiga dimensi tergantung dengan kemampuan pengelolanya.

  1. Vas bunga 

Salah satu produk lain yang sekarang sudah banyak ditemui adalah menjadikannya sebagai vas bunga. Sebagai sebuah barang sisa dengan bentuk kering dan mudah dibentuk tentu vas menjadi opsi tepat.

Sehingga sampah cangkang sawit bisa cukup mudah kita bentuk agar nantinya dapat menjadi karya sesuai selera. Proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit karena bentuk vas memang sederhana.

  1. Gantungan kunci 

Gantungan kunci berbahan sampah cangkang sawit adalah salah satu produk yang ternyata banyak ditemui. Di berbagai daerah wisata Jawa terutama produk seperti itu memang menjadi buah tangan idola.

Bentuk dari gantungan kunci sendiri juga cukup bervariasi mulai dari dedaunan, bunga, sampai simbol tertentu. Produk seperti ini nilai jualnya juga relatif tinggi dan pembuatannya juga sederhana.

Dengan menggunakan tiga opsi tersebut sebagai inspirasi tentu saja Anda bisa memiliki ide baru. Jadi nantinya kita bisa mengolah barang tidak berharga menjadi sesuatu bernilai seni tinggi.

Mengubah Sampah Cangkang Sawit Menjadi Kompos

Solusi pengolahan berikutnya adalah menjadikannya sebagai pupuk kompos organik. Jadi Anda dapat menjadikannya sebagai bahan campuran ketika nantinya digunakan sebagai kompos.

Sampah cangkang sawit sendiri ketika dijadikan kompos akan berperan menjadi pengikat nitrogen. Dalam pembuatan kompos sendiri kita membutuhkan unsur pengikat nitrogen dan karbon.

Pengikat karbonnya dapat menggunakan berbagai macam sampah rumah tangga lainnya. Seperti sayuran sisa, nasi basi, buah tanpa biji, dan banyak lagi opsi lainnya untuk dijadikan campuran.

Karena bahannya cukup mudah ditemukan tentu saja solusi ini dapat menjadi opsi tepat. Selain itu bahan campuran lainnya juga sifatnya sisa, jadi disini kita mengubah sampah menjadi pupuk guna menyuburkan tanah.

Akan lebih bagus lagi ketika diberikan katalis mikro organisme lokal agar proses pembuatannya semakin cepat. Tidak harus sebenarnya menggunakan mikro organisme lokal jika Anda memiliki banyak waktu.

Karena proses pengomposan tersebut nantinya membutuhkan waktu sekitar satu setengah sampai dua bulan. Jadi cukup panjang oleh karena itu kami sarankan langsung membuat batch ukuran besar.

Jika membuat kompos dalam wadah berukuran lima ratus liter tentu waktu dua bulan itu worth it. Berdasarkan informasi tadi kita ketahui bahwa sampah cangkang sawit sebenarnya masih berharga dijadikan produk lain.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.