pengolahan cangkang sawit

Bingung mencari ide pengolahan cangkang sawit modern yang menguntungkan jangka panjang? Tidak perlu khawatir karena di sini kami akan memberikan beberapa opsi terbaik untuk digunakan.

Pada dasarnya cangkang sawit adalah sebuah komoditas sisa bahkan sering dianggap sampah. Biji sawit sendiri hanya diambil bagian dagingnya untuk kemudian dikonversi menjadi minyak.

Sedangkan pada bagian cangkangnya tentu saja harus dipisahkan untuk dijual kembali atau sekedar menjadi sampah. Banyak orang sekarang sudah mulai menjual bagian cangkangnya karena mulai dimanfaatkan.

Sistem pengolahan cangkang sawit untuk dijual kembali juga cukup bervariasi. Namun paling sering sekarang hanya dijual dalam bentuk mentah di mana harganya juga dianggap terlalu murah.

Oleh karena itu pada pembahasan ini akan kami kupas bagaimana pengolahannya yang optimal. Sehingga ketika Anda adalah petani sawit bisa menjadikan opsi agar nantinya bisa memperoleh keuntungan lebih.

Pengolahan Cangkang Sawit Modern Menjadi Arang

Mengubah menjadi arang adalah opsi yang sekarang paling diminati oleh para petani. Ada beberapa alasan mengapa ini menjadi opsi tepat agar nantinya bisa memberikan keuntungan lebih.

1. Proses mudah 

Pengolahan cangkang sawit menjadi arang memang prosesnya paling mudah dibandingkan lainnya. Kita hanya perlu mengeringkan kemudian melakukan proses pengolahan utama.

Kemudian lahan untuk memproses juga tidak perlu terlalu besar karena kerapatannya tinggi. Sehingga dengan proses pengolahan sederhana kuantitasnya sudah bisa tinggi.

2. Permintaan pasar tinggi

Alasan terbesar mengapa pengolahan cangkang sawit menjadi arang adalah opsi terbaik adalah tingginya permintaan pasar. Apalagi sekarang Indonesia akan menjalin kontrak dengan Jepang.

Sehingga kebutuhan negara untuk mencukupi kontrak tersebut tentu akan semakin tinggi. Jadi pihak pemerintah kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan para petani.

3. Prospek bagus 

Selain adanya kontrak dengan Jepang, prospek kedepan penggunaan arang ini juga tinggi. Karena pengolahan cangkang sawit menjadi arang dapat dijadikan sebagai opsi energi terbarukan.

Hal ini menyebabkan ketergantungan kita pada batubara sebagai bahan bakar tentu saja dapat dikurangi. Tentu saja jika kita memulai dari sekarang potensi ke depan akan semakin menguntungkan.

4. Bahan dasar murah 

Apabila Anda bukan pemilik lahan namun ingin berkecimpung dalam bidang ini bisa saja. Alasannya sederhana bahan dasar yaitu cangkang mentah harganya sangat murah di Indonesia.

Dengan menggunakan empat acuan tersebut tentu sekarang Anda akan memiliki referensi. Tidak hanya dijadikan sebagai sampah saja namun diolah agar menjadi produk bernilai jual tinggi.

Pengolahan Cangkang Sawit Menggunakan Pirolisis

Opsi ini sebenarnya bukan sebuah pengolahan sederhana karena dibutuhkan pengetahuan kimiawi cukup tinggi. Dengan menggunakan teknik pirolisis cangkang sawit mampu menjadi minyak bahan bakar.

Jadi pengolahan cangkang sawit menggunakan metode kimia tersebut kita bisa mendapatkan bahan bakar baru. Viskositas dari bahan tersebut juga relatif bagus dari sebuah bahan sisa.

Kita tahu sendiri bahwa bagian cangkangnya adalah bahan sisa dan sering sekali dibuang begitu saja. Jadi dengan menggunakan metode pirolisis ini dapat menghasilkan cukup banyak bahan bakar.

Pada dasarnya metode pirolisis sendiri adalah memakai beberapa campuran kimia. Kemudian kandungan protein pada bagian cangkangnya diekstraksi lagi sehingga mampu menjadi seperti CPO.

Apabila kita bandingkan dengan CPO hasilnya sebenarnya tidak jauh berbeda dari kualitas panas dihasilkan. Sehingga sebagai salah satu bahan alternatif nantinya ini tetap bisa menjadi opsi tepat.

Kemudian proses pirolisis dengan kuantitas tinggi juga cukup murah jika digunakan dalam jangka panjang. Sehingga ketika Anda tertarik untuk menggunakan metode pirolisis guna menghasilkan bahan bakar, bisa saja.

Ada banyak opsi memang ketika kita memiliki salah satu bahan potensial seperti ini. Sehingga pengolahan cangkang sawit dapat memakai berbagai macam opsi tergantung dengan kebutuhan konsumen mayoritas.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa klik link WhatsApp di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.