fungsi cangkang kelapa sawit

Hingga saat ini sudah banyak fungsi cangkang kelapa sawit yang telah ditemukan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pemanfaatannya adalah sebagai biochar.

Bagi kalangan petani, fungsi dari cangkang kelapa sawit ini dapat membantu dalam mempercepat proses pembenahan tanah. Agar bisa merasakan manfaatnya, simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Mengenal Tentang Apa itu Biochar 

Sebelum membahas fungsi cangkang kelapa sawit, Anda harus menegnal biochar terlebih dahulu. Biochar adalah sebuah bahan yang berfungsi untuk membedah tanah pertanian yang dapat membantu produktivitas petani ketika bercocok tanam. 

Biochar ini mampu memperbaiki sifat fisik dan biologis tanah agar tanah lebih baik. Sleain itu, biochar juga merupakan salah satu solusi untuk menjadi bahan pembedah sekaligus mempermudah dalam praktik pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

1. Tujuan menggunakan pembenah tanah 

Beberapa tujuan menggunakan pembedah ini antara lain:

  • Mencegah erosi dan pencemaran dengan menguatkan agregat tanah tersebut.
  • Mengubah sifat hidrofilik dan hidrophobic agar dapat membuat tanah mampu menahan air.
  • Menaikkan kapasitas tukar kation (KTK).

2. Manfaat Biochar

Beberapa manfaat biochar sebagai pembenah antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air, sehingga mengurangi terjadinya pencucian atau berkurangnya unsur hara.
  • Biochar mampu memperbaiki porositas, struktur, hingga formasi tanah. Perbaikan sifat ini akhirnya mampu membuat jangkauan dari akar tanaman semakin luas. Pada akhirnya, tumbuhan bisa mendapatkan nutrisi dan air yang dibutuhkan.
  • Berperan sebagai amelioran, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tanah.
  • Biochar dapat mempengaruhi aktivitas dan populasi mikroorganisme.
  • Merangsang adanya fungi dan rhizobakteria agar meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Bahan produksi biochar berasal dari bahan-bahan organik yang dibakar dengan tidak sempurna, sulit terdekomposisi, serta tidak memiliki kandungan oksigen dalam suhu tinggi.

Arang-arang hayati di mana salah satunya berasal dari cangkang tersebut mampu menghasilkan karbon aktif dengan kandungan magnesium dan kalsium, serta senyawa anorganik.

Bahan pembenah tanah yang dapat dipilih merupakan bahan-bahan dengan harga murah, terbarukan, serta bersifat institu. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti harga, jaminan mutu, serta ketersediaannya.

Hindarilah menggunakan biochar berbahan dasar sintetis, karena dapat memberikan efek negatif sekaligus harga belinya juga tinggi. Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, maka fungsi dari cangkang ini sebagai biochar dapat menjadi piihan utama karena memenuhi semua kriteria di atas.

Keunggulan Menggunakan Biochar dari Fungsi Cangkang Kelapa Sawit

Fungsi dari cangkang kelapa sawit sebagai biochar memberikan beberapa keuntungan atau keunggulan, yaitu:

1. . Daya Pegang Air yang Tinggi

Selain mempunyai daya pegang air yang tinggi, biochar dari cangkang kelapa sawit juga mengandung unsur hara makro, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi amelioran tanah.

Fungsi cangkang kelapa sawit tersebut membuatnya mampu menjaga kelembaban tanah. Apabila kelembaban terjaga, maka akan membentuk daya dukung lingkungan dalam perkembangbiakan sel-sel bakteri.

Ketika banyaknya populasi mikroorganisme di dalam tanah, akibatnya adalah meningkatnya produksi bahan organik.

2. Memperbaiki Struktur Tanah

Fungsi cangkang ini sebagai biochar selanjutnya adalah untuk menunjang kehidupan mikroba-mikroba di dalam tanah dan memperbaiki strukturnya. 

Hal ini diakibatkan kemampuan dari boichar sawit untuk mempertahankan populasi bakteri di dalam tanah dibandingkan dengan menggunakan bahan pembuatan dari kompos. Selain itu, dengan memanfaatkan fungsi cangkang untuk biochar ternyata juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan pada bibit kelapa sawit Anda. Dengan mendaur ulang seperti ini, berarti peran dari cangkang bisa memberikan efek langsung kepada tumbuhan penggantinya.

Ketersediaan cangkang kelapa sawit di Indonesia juga masih tergolong banyak dan melimpah. Berdasarkan semua pemaparan di atas maka fungsi cangkang kelapa sawit ini bisa Anda manfaatkan sebagai biochar.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengakses website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.