Cangkang sawit buah tenera

Produk limbah cangkang sawit buah tenera ternyata dapat digunakan sebagai salah satu opsi energi terbarukan. Buah tenera sendiri adalah salah satu varietas dari kelapa sawit persilangan antara dura dan pisifera.

Dilihat dari fisiologis sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dari varietas lainnya. Buah tenera memiliki tempurung dengan ketebalan antara 0.5 sampai 4 mm sehingga masih bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Apabila Anda familiar dengan teknologi energi terbarukan seperti ini tentu meragukan kenapa harus varietas tenera. Bukankah dura memiliki tempurung lebih tebal sehingga mampu menghasilkan energi lebih baik.

Memang itu benar adanya ketika kita hanya melihat dari aspek cangkang sawitnya saja. Namun dalam produksi energi tidak hanya ketebalan namun juga berbagai macam faktor lainnya.

Sehingga pada kesempatan ini akan kami jelaskan mengapa buah tenera digunakan sebagai opsi. Jadi Anda nanti bisa mengetahui seperti apa detail efektivitas pembakaran sampai pemanfaatan energi terbarukannya.

Efektivitas Pembakaran Cangkang Sawit Buah Tenera

Efektivitas pembakaran dari charcoal palm oil sebenarnya juga dipengaruhi oleh kepadatan dan masa jenisnya. Jadi meskipun tebal namun dalamnya tidak kokoh tetap saja kurang optimal dalam pembakaran.

Ketika faktor kekeringan dari cangkang sawit buah tenera dan dura kita acuhkan keduanya terdapat perbedaan signifikan. Pada varietas tenera hasil pembakaran lebih awet sehingga cocok digunakan skala industri.

Selain dari efektivitas pembakaran ternyata ada salah satu alasan mengapa varietas ini dijadikan sebagai opsi. Alasannya adalah hampir semua industri CPO di Indonesia menggunakan buah tenera.

Mengapa bisa begitu karena varietas itu menghasilkan minyak paling banyak dibandingkan jenis lain. Sehingga wajar saja ketika hampir semua perkebunan kelapa sawit menggunakannya sebagai opsi.

Jika jumlahnya saja sudah banyak tentu mencari cangkang sawit in akan lebih mudah dilakukan. Salah satu alasan mengapa dura tidak dipakai adalah mereka bukan komoditi industri.

Jenis dura hanya digunakan untuk perkembangbiakan saja sehingga jumlahnya juga relatif sedikit. Jika kita tetap menggunakan dura sebagai opsi utama artinya nanti harus mengembangkan lagi dan tentu tidak efektif.

Apabila sudah ada opsi tepat seperti cangkang sawit buah tenera tentu kita bisa mendapatkan secara mudah. Limbah charcoal palm shell varietas ini juga jumlahnya sangat banyak di Indonesia.

Ketika nantinya akan diolah kembali menjadi briket atau pecahan biasa untuk pembakaran tentu lebih mudah. Karena efektivitas dan ketersediaannya memang tinggi jenis ini menjadi salah satu opsi terbaik sampai sekarang.

Tips Menentukan Kualitas Terbaik Cangkang Sawit Buah Tenera

Apabila Anda adalah konsumen skala industri penentuan kualitas sebenarnya mudah hanya melihat dari varietas, warna, dan kekeringannya. Jika Anda konsumen rumah tangga ini akan lebih rumit lagi.

Konsumen rumah tangga cangkang sawit buah tenera di Indonesia memang tidak terlalu banyak. Sehingga produsen juga sedikit memiliki stok dan tidak setiap saat melakukan produksi.

Cara paling mudah untuk melihat kualitasnya bagus atau tidak adalah dari produsen itu sendiri.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengunjungi website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.