buyer cangkang sawit

Buyer cangkang sawit datang dari berbagai sektor. Tidak heran kalau kemudian cangkang sawit disebut sebagai limbah sejuta manfaat. Hingga saat ini sektor cangkang atau Tempurung sawit masih belum disentuh secara maksimal baik oleh pemerintah maupun swasta.

Padahal potensi profit yang bisa didapat dari produk tersebut sangatlah tinggi. Cangkang sawit memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat bagi banyak sektor kehidupan manusia. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memanfaatkan komunitas satu ini.

Jika Anda sedang berpikir merintis sebuah bisnis, mungkin bidang cangkang sawit ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Sudah banyak pengusaha yang berhasil meraup keuntungan hingga ratusan Rupiah per bulan hanya dari berjualan cangkang sawit ini. 

Apa Saja Kandungan Cangkang Sawit?

Alasan utama kenapa buyer cangkang sawit sangat melimpah adalah kandungan yang ada di dalam cangkang sawit itu sendiri. Dikutip dari banyak sumber, kandungan senyawa di dalam cangkang sawit ini memang memiliki banyak manfaat. 

Kandungan tertinggi yang ada di dalam komoditas satu ini adalah kadar abu atau ash content yang sangat minimal. Kadarnya hanya sekitar 2 hingga 3% saja. Sedangkan dari sisi moisture analisis atau kadar kelembaban dan kandungan airnya, persentase cangkang sawit mencapai 7 hingga 8%. 

Di sisi lain cangkang kelapa sawit juga memiliki karbon aktif murni yang sangat tinggi. Intensitas karbon murni ini berkisar antara 20% hingga 22%. Kandungan ini dimaksimalkan dengan kadar penguapan atau volatile Matter yang berkisar di angka 69% hingga 70%. 

Dengan kadar senyawa yang begitu lengkap tidak heran kalau kemudian Buyer cangkang sawit ini semakin banyak saja setiap harinya. Jika dibandingkan dengan jenis kelapa biasa varietas cangkang kelapa sawit ini jauh lebih baik.

Sayangnya pemanfaatan limbah kelapa sawit ini belum maksimal. Padahal ada banyak sektor yang membutuhkan pemanfaatan limbah kelapa sawit itu sendiri. Tentunya dibutuhkan eksploitasi yang jauh lebih maksimal untuk mengkonversi limbah satu ini menjadi rupiah. 

Potensi Buyer Cangkang Sawit dari Berbagai Sektor

Kebanyakan orang masih ragu untuk memulai bisnis pengelolaan limbah kelapa sawit. Padahal potensi buyer dari limbah satu ini terbilang sangat luas. Ada banyak sektor yang memiliki kebutuhan tinggi terhadap cangkang kelapa sawit.

1. Bahan Baku Arang

Buyer cangkang sawit datang dari mereka yang membutuhkan charcoal. Ada yang tahu apa itu charcoal? Produk satu ini merupakan arang yang sering digunakan sebagai bahan baku pembakaran. Tidak banyak orang tahu kalau arang dari tempurung sawit memiliki kualitas lebih baik bagus dibandingkan bahan lainnya. 

Bukan tanpa alasan, Tempurung kelapa sawit ini memiliki kandungan zat lignin selulosa. Meskipun bobotnya mencapai 1,4 gram/ml, kadar energi panas yang muncul dari arang kelapa sawit ini mampu mencapai angka 20.093 kJ/Kg. 

2. Bahan Bakar Boiler

Buyer cangkang sawit lainnya datang dari mereka yang menggunakan mesin boiler. Ketika dijadikan bahan bakar boiler cangkang kelapa sawit ini ini mengalami konversi menjadi uap sehingga turbin mesin boiler bisa bergerak sesuai kebutuhan. 

Tidak hanya mesin boiler saja, ada banyak sektor bisnis yang menggunakan tenaga uap dalam operasionalnya sehari-hari. Keberadaan cangkang sawit merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan tenaga uap tinggi dengan harga terjangkau. 

3. Campuran Pakan Ternak

Meskipun terdengar aneh, buyer cangkang sawit lainnya datang dari sektor peternakan. Tidak semua orang tahu kalau cangkang sawit juga bisa dijadikan bahan campuran pakan ternak. Namun biasanya yang digunakan hanya bagian kulit luarnya saja. 

4. Bahan Pengeras Jalan

Selain digunakan untuk beberapa sektor di atas buyer cangkang sawit lainnya datang dari dunia infrastruktur. Bagaimana tidak batok kelapa sawit ini sangat recommended untuk dijadikan pengeras jalan. Tentunya penggunaan jangan sawit sebagai jalan mampu meminimalisir pengeluaran. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengunjungi website kami, Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.