pembeli cangkang sawit

Pembeli cangkang sawit pada umumnya hanya membeli produk yang belum di olah. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan nilai jual dari produk tersebut hendaknya melakukan pengolahan lanjutan agar kualitas dari produk bertambah.

Banyak saat ini dari pembeli cangkang kelapa sawit yang juga menerima produk yang telah dilakukan pengolahan. Sebab, produk seperti briket cangkang kelapa sawit juga laku di pasar ekspor selain briket batok kelapa.

Nilai jualnya juga akan meningkat dengan signifikan dibandingkan dengan produk yang belum di olah sama sekali. Penasaran bagaimana cara mengolah cangkang kelapa sawit menjadi briket dan berapa kisaran harga di pembeli cangkang sawit? Simak di bawah ini. 

Cara Mengolah Cangkang Kelapa Sawit Menjadi Briket

Sebelum dijual ke pembeli cangkang sawit Anda perlu mengolahnya menjadi briket. Berikut adalah caranya.

1. Siapkan Bahan dan Alat

Untuk membuat briket dan dijual pada pembeli cangkang sawit Anda harus menyiapkan cangkang, tempat pembakaran,, tepung kanji, air, mesin penggiling, mesin Penyaring, pencetak briket dan oven bila perlu.

2. Bersihkan Cangkang dari Kotoran

Bersihkan cangkang kelapa sawit yang telah disiapkan dari kotoran seperti sabut dan juga kotoran lain sebelum di olah. Anda bisa menggunakan air atau membersihkannya dengan manual. Air juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran cangkang sawit.

Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah jika menggunakan air, Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu agar mudah dibakar.

3. Bakar Cangkang Kelapa Sawit

Langkah selanjutnya untuk menjual briket ke pembeli cangkang sawit adalah membakar cangkang tersebut hinga menjadi arang berwarna hitam. Jangan lupa untuk membakarnya dengan sempurna agar semua kandungan air yang terdapat didalamnya menguap.

4. Giling Arang hingga halus

Apabila sudah membakar arang untuk dijual ke pembeli cangkang sawit, selanjutnya ialah membuatnya menjadi serbuk dengan menggilingnya dengan mesin. Tetapi jangan menggilingnya terlalu hancur, pertahankan ukuran kepingan kecil untuk menjaga kualitasnya. 

5. Campurkan dengan Lem Kanji

Siapkan tepung kanji dan campurkan dengan air untuk membuatnya menjadi lengket. Kemudian langkah selanjutnya campurkan dengan arang yang telah di giling dengan merata, pastikan takaran lem tersebut secukupnya.

6. Cetak Briket

Cetak briket dengan mesin pencetak dan sesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan. Pastikan pencetakan tersebut rapi dan tidak meninggalkan retakan yang akan membuat briket tersebut hancur dan tidak laku dijual pada pembeli cangkang sawit.

7. Jemur hingga kering

Setelah mencetaknya menjadi ukuran sesuai dengan cetakan maka jemurlah di bawah terik matahari hingga kering sempurna. Tetapi, jika saat penjemuran sedang memasuki musim hujan Anda dapat mengeringkannya dengan oven besar yang dimiliki.

8. Pasar Briket Arang

Briket arang cangkang sawit mempunyai pasar yang cukup baik dan hampir sama dengan arang batok kelapa. Industri yang biasa menggunakan produk ini diantaranya adalah industri kecantikan, dipergunakan untuk perawatan kulit dan gigi. 

Kemudian selain industri kecantikan, industri makanan dan minuman, menggunakan arang sebagai bahan untuk membakar dan juga mencampur bubuk arang dengan makanan. Campuran bubuk arang dengan makanan dapat menambah cita rasa dan juga memiliki khasiat tertentu.

Selain kedua industri tersebut terdapat juga pasar briket untuk industri energi seperti pembangkit listrik dan juga bahan bakar untuk pabrik pengolahan tertentu. 

Terakhir hal yang perlu Anda ketahui pembeli cangkang sawit juga menerima produk olahan seperti briket arang untuk dijual pada pasar ekspor dan juga industri dalam negeri lain yang membutuhkan. 

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengunjungi website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.