harga cangkang di pks

Harga cangkang di PKS mungkin menjadi hal yang paling dicari saat ini. Karena banyak orang yang ingin menjual hasil limbah ini untuk dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan industri. Saat ini industri kelapa sawit tengah kembali menemukan momentumnya.

Di mana setelah era Covid19 dan rencana pengurangan bahan bakar fosil seperti solar dan batu bara, sawit kembali dicari untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Tidak heran harga cangkang sawit di PKS saat ini tergolong cukup tinggi. 

Tidak hanya itu, pengolahannya yang relatif mudah membuat cangkang saat ini banyak diminati untuk di olah. Industri ini sebetulnya telah berkembang sejak lama, karena tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik saja. ternyata, cangkang sawit juga dapat di ekspor ke pasar global.

Sehingga, cangkang sawit dengan kualitas tinggi akan lebih mahal karena untuk memenuhi kebutuhan ekspor tersebut. 

Keuntungan Cangkang Sawit

Bagi industri, tentu efisiennya cangkang akan memberikan keuntungan tersendiri terutama jika dilihat dari sisi produksi. Tetapi selain itu terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan cangkang sawit sebagai alternatif. Di antaranya sebagai berikut ini.

1. Menghemat biaya produksi

Penggantian batu bara dengan cangkang sawit tentunya dapat menekan pengeluaran dari bahan bakar. Selain itu cangkang sawit juga mudah didapatkan sehingga juga akan menghemat dari sisi biaya distribusi.

2. Mengurangi pencemaran udara

Cangkang ini juga dapat membantu untuk mengurangi pencemaran udara. Tidak ada lagi penggunaan batu bara yang memiliki partikel mikro bekas pembarakan yang dapat menyebabkan kualitas udara memburuk.

3. Ketersediaan dari produk cangkang sawit

Hal yang penting selanjutnya dari cangkang ini selain terjangkau adalah ketersediaan produk itu sendiri. Ketersediaan berarti untuk mencari sumber dari cangkang ini tidaklah sulit. Karena banyak sekali yang memperjual belikan hal ini. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan stok. Karena, produk ini akan selalu ada dengan stok yang cukup untuk persediaan industri. 

4. Dapat diperbarui 

Tidak seperti batu bara yang akan habis dalam beberapa tahun mendatang, cangkang sawit dapat diperbarui karena akan selalu ditanam bersamaan dengan pohon sawit. Sehingga harga cangkang di PKS akan selalu stabil dan tidak terpengaruh oleh stok yang sedikit.

Harga Cangkang di PKS Terbaru

Bagian yang paling ekonomis dari buah Kelapa Sawit adalah buahnya, sering disebut dengan TBS atau Tandan Buah Segar. Tetapi ternyata, ada bagian lain dari buah ini yang juga bernilai yaitu bagian cangkangnya. Harga cangkang di PKS tentunya cukup tinggi jika terdapat produk dengan kualitas baik.

Bagian keras dan menyelimuti buah sawit ini secara umum masih sama dengan tempurung kelapa pada umumnya hanya terdapat perbedaan ukuran saja. Untuk industri Kelapa Sawit, baik skala besar atau juga dengan skala kecil, cangkang merupakan nilai tambah tersendiri dan mempunyai harga cangkang sawit di PKS.

Kisaran harga cangkangnya saat ini adalah sekitar Rp 1.000 sampai dengan Rp 1.500 per kilo atau jika dijual dengan ukuran ton maka bisa berada di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per ton.

Dari sisi keuntungan, efisiensi dan hitungan ekonomi, penggunaan cangkang untuk keperluan Industri menjadi pilihan yang wajib Anda pertimbangkan. Stok yang banyak dan selalu tersedia juga akan membuat para pelaku usaha tidak lagi khawatir dengan ketidakstabilan harga cangkang di PKS.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengunjungi website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.