limbah cangkang kelapa sawit

Dengan semakin banyaknya lahan perkebunan sawit dan pengolahannya di Indonesia, limbah cangkang kelapa sawit juga akan ikut naik jumlahnya. Hal ini mutlak, karena selama pengolahan kelapa sawit untuk menjadi minyak, cangkangnya tidak digunakan atau bukan merupakan bahan baku produknya.

Meskipun demikian, berkat kemajuan teknologi limbah cangkang kelapa sawit tersebut masih bisa diolah menjadi bentuk baru dan dijual kembali. Daya kreativitas juga turut membantu mengolah cangkang terebut, salah satu hasilnya adalah vas bunga estetik.

Berikut Alat dan Bahan Membuat Vas Bunga dengan Cangkang Sawit

Beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat vas bunga estetik dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

1. Limbah shell kelapa sawit 

Pastikan limbah cangkang kelapa sawit yang Anda pilih kualitas dan bentuknya masih bagus, karena visualnya berperan penting dalam membuat vas terlihat estetik.

2. Botol atau Toples Bekas

Anda bisa menggunakan botol atau toples yang terbuat dari kaca maupun plastik. Namun untuk membuat vas terlihat kokoh dan lebih tahan lama, sebaiknya gunakan yang berbahan dasar kaca. Ukurannya dapat menyesuaikan dengan selera Anda.

3. Lem Perekat

Untuk merekatkan limbah cangkang kelapa sawit, kami sarankan untuk menggunakan lem putih untuk perekat kayu. Bisa Anda temukan di toko bangunan atau di toko buku untuk kemasan kecil. Kemasan kecil yang umum diketahui adalah Lem Fox.

Lem ini disarankan karena hasilnya tidak meninggalkan bekas warna pada permukaan yang diberi lem tersebut. Sehingga hasilnya terlihat lebih rapi.

4. Cat 

Gunakan cat berwarna putih, krem, atau warna netral lain agar kesan natural dan estetik dari vas bunga olahan limbah cangkang kelapa sawit semakin terasa.

5. Kuas Cat

Pilih kuas berukuran sedang agar hasil pengecatan lebih rapi.

6. Koran

Koran berperan sebagai penambah estetika dari vas, atau sebagai ornamen tambahan agar ada penambahan variasi.

7. Gunting

Ukuran gunting menyesuaikan dengan ketersediaan pada milik Anda saja, pastikan saja bagian pengguntingnya tajam.

Langkah Mengolah Limbah Cangkang Kelapa Sawit Menjadi Vas 

Ikuti beberapa langkah di bawah untuk menghasilkan vas bunga berkualitas dan estetik:

1. Gunting Koran

Langkah pertama, Anda harus menggunting koran menjadi beberapa bagian berbentuk persegi atau persegi panjang. Jumlah guntingan sesuaikan dengan ukuran vas yang akan dibuat nanti.

2. Gulung Guntingan Koran

Setelah terkumpul beberapa lembar potongan koran, gulunglah koran tersebut. Pada bagian akhir gulungan, tempelkan lem agar tidak terlepas dan bentuknya tetap.

3. Pengecetan Botol atau Toples

Mengecat botol atau toples kaca adalah langkah mengolah limbah cangkang kelapa sawit selanjutnya. Pastikan Anda mengecat toples atau botol tersebut dengan rapi, jangan sampai ada bagian yang tidak terkena cat.

4. Cuci Cangkang

Sambil menunggu cat pada toples atau botol mengering, cuci bersihlah cangkang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah itu keringkan agar saat dilem limbah ini merekat sempurna pada toples atau botol.

5. Rekatkan Cangkang

Setelah cangkang dan toples atau botol mengering, oleskan lem secukupnya pada permukaan vas yang akan dibuat. Kemudian tempelkanlah sesuai selera ke permukaan vas. Anda bisa menempelkan secara abstrak atau membuatnya menjadi pola terlebih dahulu.

6. Tambahkan Ornamen 

Menggunakan potongan koran yang telah digulung, Anda bisa menkreasikan beberapa bagian vas agar terlihat lebih menarik. Sehingga perpaduan limbah cangkang kelapa sawit dengan ornamen hasilnya lebih bagus.

7. Masukkan Bunga

Anda bisa memasukkan bunga palsu, bunga kering, ataupun bunga segar ke dalam vas bunga estetik tersebut dan dijadikan pemanis ruangan. Jika bunga segar, pastikan telah memasukkan air agar tahan lama.

Jika Anda tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai cangkang sawit, Anda bisa mengunjungi website kami. Anda juga bisa klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami.