Cangkang kelapa sawit bisa digunakan sebagai

Awalnya cangkang kelapa sawit termasuk salah satu bagian yang terbuang nih, alias menjadi limbah atau sampah karena hanya biji sawit saja yang lebih banyak dibutuhkan. Tapi dalam beberapa tahun terakhir sejak cangkang kelapa sawit bisa digunakan sebagai salahnya arang, limbah ini menjadi berharga.

Para pembelinya bukan hanya di pasar lokal alias dalam negeri saja tapi justru lebih banyak dari negara lain. Negara tersebut diantaranya Korea Selatan, Jepang, India, Singapura, dan Thailand. Jumlah cangkang sawit yang diekspor juga tidak tanggung-tanggung nih, yaitu sampai berjuta-juta ton yang nilainya bisa mencapai Rp4,45 triliun.

Cangkang Kelapa Sawit Bisa Digunakan Sebagai Apa Saja?

1. Pupuk

Selain sisa tanaman dan kotoran ternak atau unggas, rupanya pupuk organik juga bisa dihasilkan dari cangkang kelapa sawit lho. Pupuk hayati ini berguna untuk membantu pertumbuhan tanaman sehingga menjadi lebih subur. 

Menurut teori yang ada, cangkang sawit yang telah diubah menjadi pupuk dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan tanaman. Hal ini memungkinkan jika menyatu dengan tanah yang memiliki tingkat keasaman tinggi. 

Keduanya akan bercampur dan menghasilkan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu, pupuk dari cangkang sawit juga dapat meningkatkan retensi air. Hal ini dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan tanaman menjadi lebih baik.

2. Arang

Sebagian dari Anda mungkin mengira bahwa arang hanya bisa dihasilkan dari kayu. Hal ini memang tidak sepenuhya salah kok. 

Tapi selain kayu, arang juga bisa dibuat dari cangkang sawit yang selanjutnya arang ini bisa diperjual belikan. Bahkan, arang dari cangkang sawit telah terbukti lebih baik karena mengurangi produksi karbon aktif dan baja. 

Sejumlah sumber berbeda juga menyebutkan bahwa arang cangkang sawit memiliki manfaat untuk bahan obat tradisional. Obat ini bisa membantu menyembuhkan gigitan ular, sengatan lebah, mengurangi sakit pada perut, dan juga melancarkan sistem pencernaan.

3. Bahan Bakar Biomassa

Selanjutnya cangkang kelapa sawit bisa digunakan sebagai bakar bakar biomassa yang konon termurah dan jumlahnya cukup banyak nih di wilayah Asia Tenggara yang salah satunya adalah negara Indonesia. 

Cangkang sawit ini akhirnya menjadi salah satu sumber energi terbesar di urutan keempat selain gas alam, batu bara, dan minyak. 

Dibanding sumber energi lainnya, cangkang kelapa sawit termasuk lebih mudah dan cepat untuk diolah lho. Hal ini karena proses pengolahan cangkang sawit menjadi bahan bakar tidak harus menggunakan teknologi pencetakan kompresi dan juga tidak harus mengaplikasikan perekat atau zat aditif.

Bukan itu saja, cangkang sawit juga lebih disukai karena sejumlah alasan lain seperti salah satunya tidak memiliki kandungan fosfor dan belerang. Sehingga tidak menghasilkan P2O5 dan S02 ketika proses pembakaran terjadi.

Tidak adanya kedua kandungan di atas sama dengan tidak menimbulkan hujan asam, yang pada akhirnya tidak mencemari lingkungan dan atmosfer. Maka dapat ditarik garis lurus bahwa cangkang sawit adalah sumber energi yang bisa diolah menjadi bahan bakar biomassa tanpa merusak lingkungan.

4. Bahan Bakar Boiler

Selain bahan bakar biomassa, cangkang sawit memiliki manfaat sebagai bahan bakar boiler lho. Dengan cara mengubah cangkang menjadi uap untuk selanjutnya digunakan menggerakan mesin turbin atau berbagai jenis mesin lain yang berbasis uap. 

Konon tekanan api yang dihasilkan dari pembakaran cangkang sawit bisa lebih besar dan panas lho daripada bahan lain. Selain itu, cangkang kelapa sawit bisa digunakan sebagai bahan bakar boiler juga menjadi salah satu cara untuk menghemat persediaan minyak bumi.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai cangkang kelapa sawit, Anda bisa mengaksesnya di website kami. Anda juga bisa langsung klik di sini untuk terhubung langsung dengan tim kami dan mendapatkan cangkang sawit berkualitas dengan harga terjangkau.