Cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar

Selain bagian buah, kelapa sawit memiliki bagian lain yang dapat dimanfaatkan, yaitu cangkang kelapa sawit. Penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar dinilai tepat. Selain mampu mengatasi banyaknya limbah yang terbuang, pemanfaatan ini juga mendorong beberapa sektor untuk maju, baik dalam hal keefektifan, keefisienan maupun dampak yang berjangka panjang yaitu kelestarian lingkungan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ialah sebagai berikut.

4 Keuntungan Cangkang Kelapa Sawit sebagai Bahan Bakar

Berikut ini ada 4 keuntungan pemanfaatan cangkang kelapa sawit untuk bahan bakar yang harus Anda ketahui.

1. Memiliki Nilai Kalori Tinggi

Cangkang kelapa sawit sangat cocok untuk bahan bakar karena mempunyai nilai kalori yang tinggi. Kalori yang terkandung dalam cangkang kelapa sawit mencapai 4200 Kal/Kg. Kalori tersebut sudah dapat menghasilkan panas yang dibutuhkan, contohnya sebagai bahan bakar boiler.

Calorific Value atau biasa disebut nilai kalor adalah salah satu aspek sangat penting bagi kualitas bahan bakar.  Nilai kalor tersebut menentukan jumlah energi yang dilepas saat bahan bakar melalui proses pembakaran bernama aliran tunak (steady). Aliran tunak adalah suatu aliran di mana sifat-sifat partikel suatu tempat tidak akan berubah terhadap waktu.

2. Menjadi Bahan Bakar yang Melimpah

Bahan bakar fosil yang saat ini kita pakai adalah sumber daya yang berasal dari bongkahan batu berjuta tahun lalu. Jumlahnya yang terbatas dan sifatnya yang tidak dapat diperbaharui berpotensi akan menimbulkan kelangkaan. Berbeda dengan kelapa sawit, ketersediaannya bisa dibilang melimpah mengingat produksinya yang mencapaii 43,5 juta ton pada tahun 2019. Ketersediaan cangkang kelapa sawit yang masif ini dapat diolah kembali menjadi bahan baku yang lebih bermanfaat, misalnya menjadi bahan bakar.

3. Cangkang Kelapa Sawit sebagai Bahan Bakar Menyelamatkan Pohon

Pemanfaatan cangkang kelapa sawit dapat memangkas aktivitas penebangan kayu. Pada pembuatan batu bata, proses pembakaran batu bata dapat diganti dengan cangkang kelapa sawit.

Menurut Said Achmad Kabiru Rafiie, SE, MBA., salah satu peneliti dari Universitas Teuku Umar, pemakaian cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar dapat menghemat kayu bakar sebesar 55 persen. Pemakaian cangkang sawit juga dapat menyelamatkan 975 pohon atau 2,5 hektar lahan hutan per tahun.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Menggunakan cangkang kelapa sawit dapat mengurangi pencemaran udara karena kadar penguapan yang tinggi dan zat sulfurnya lebih rendah. Dibandingkan dengan batu bara yang menghasilkan polusi lebih tinggi, cangkang kelapa sawit  akan lebih ramah lingkungan.

Jika Anda tertarik dengan berbagai hal yang mengenai cangkang kelapa sawit, Anda dapat mengunjungi  website www.jualcangkangsawit.com atau klik di sini untuk terhubung langsung dengan supplier jualcangkangsawit.com