cangkang sawit untuk apa

Bagi sebagian orang, bagian cangkang atau tempurung pada kelapa sawit ini hanyalah sampah yang dibuang begitu saja. Dari situlah muncul banyak pertanyaan, selain menjadi limbah, memangnya cangkang sawit bisa untuk apa saja? Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan cangkang kelapa sawit yang bisa menjadi referensi sekaligus menjawab pertanyaan seputar kegunaan cangkang kelapa sawit.

Bahan Bakar Berkelanjutan

Selama ini pembangkit tenaga listrik di Indonesia masih menggunakan bahan bakar fosil. Adanya jumlah penduduk yang terus bertambah menyebabkan kebutuhan energi listrik di tanah air dari waktu ke waktu juga semakin meningkat. Menipisnya sumber energi konvensional menjadi salah satu penyebab terjadinya krisis energi listrik. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi pengganti sumber energi konvensional yang lebih ramah lingkungan.

Alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti energi berkelanjutan adalah biomassa sawit. Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang biomassa sawit? Biomassa sendiri berasal dari industri minyak kelapa sawit yang merupakan bahan bakar energi terbarukan. Cangkang sawit yang memiliki intensitas kadar penguapan serta zat sulfur karbon yang relatif rendah mampu mengurangi polusi udara.

Berbeda halnya dengan penggunaan batu bara yang menjadi salah satu penyumbang polusi udara tertinggi, apabila dikelola dengan baik, maka limbah gratis dari cangkang ini bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif biomassa. Pemanfaatan tersebut tentu saja akan turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan karena sifatnya yang lebih ramah lingkungan.

Bahan Baku Arang atau Charcoal

Kandungan zat lignoselulosa pada cangkang kelapa sawit ternyata bisa menghasilkan arang berkualitas tinggi atau sering disebut sebagai charcoal. Energi panas yang hasil dari pembakaran arang ini lebih besar jika dibandingkan dengan arang berbahan dasar tempurung kelapa biasa atau kayu. Itulah yang menjadikannya layak dijadikan alternatif yang lebih ramah akan daya energi panas.

Pengeras Jalan

Biasanya bahan yang digunakan untuk pengerasan jalan adalah aspal. Namun jika Anda datang ke daerah tertentu yang merupakan kawasan dari perkebunan sawit, di daerah tersebut bahan pengerasan jalan tidak lagi menggunakan aspal seperti pada umumnya tetapi justru menggunakan limbah gratis cangkang sawit.

Kualitas bahan pengeras jalan dari cangkang sawit tidak kalah bagus dari penggunaan aspal, Bonus dari pemanfaatan limbah tempurung atau cangkang kelapa sawit sebagai pelapis jalan ini adalah hasil bagus, harga lebih ekonomis dan tentunya ramah lingkungan.

Pakan Ternak

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari limbah cangkang sawit adalah sebagai campuran pakan ternak, Campuran pakan tersebut bisa turut meningkatkan pertumbuhan serta metabolisme tubuh hewan ternak seperti ayam, bebek, ikan, kambing hingga sapi. Bagian yang digunakan untuk dijadikan sebagai campuran pakan terna adalah bagian luar kulit daging kelapa sawit.

Hasil yang maksimal dapat diperoleh dengan mencampurkan bagian luar kulit dagingnya dengan bagian tempurung atau cangkangnya. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan proses pengolahan dari cangkang sawit yang dijadikan sebagai bahan campuran pakan ternak, karena perlu adanya proses pengolahan yang aman sehingga memudahkan hewan ternak saat mengkonsumsinya.

Itulah penjelasan untuk menjawab pertanyaan mengenai kegunaan atau untuk apa saja cangkang kelapa sawit itu. Ternyata banyak kegunaannya, bukan? Anda bisa menemukan produk cangkang kelapa sawit dengan harga terjangkau dan berkualitas di www.jualcangkangsawit.com atau klik di sini untuk terhubung langsung dengan jual cangkang sawit.