Harga Cangkang Sawit Per Ton

Harga Cangkang Sawit Per Ton- Harga cangkang sawit per ton juga tidak kalah dengan minyaknya. Mahalnya minyak sawit saat ini tentu mempengaruhi harga cangkangnya, selain itu, cangkangnya juga dijadikan komoditas eskpor yang cukup tinggi. 

Manfaat dari komoditas tersebut yakni dijadikan sebagai bahan bakar yang dapat menggantikan fungsi batu bara. Kelapa sawit yang pada awalnya merupakan perkebunan yang terdapat di Sumatera Selatan, kini mulai tersebar ke seluruh Indonesia. 

Bagian buah tanaman ini bernilai ekonomis yang tersusun menjadi sebuah tandan. Bagian sabutnya dapat menghasilkan minyak kasar. Sedangkan, bagian intinya dapat menghasilkan minyak inti. Serta bagian cangkangnya sebagai bahan bakar sehingga harga cangkang sawit per ton juga kian meningkat. 

Berikut Ini Manfaat Cangkang Sawit

Bagian cangkang sawit memiliki beragam manfaat tidak heran jika harga per ton cukup tinggi. Manfaat pertama yakni melindungi isi buah. Kemudian, selanjutnya dapat dijadikan bahan bakar boiler yang bisa ganti batu bara, biogas dan gas alam. 

Selain itu, manfaat lainnya sebagai adsorben/charcoal. Asap cair yang dihasilkan memiliki kandungan senyawa yang bisa dijadikan pengawet alami serta dijadikan campuran untuk pakan hewan ternak. 

Dengan beragam manfaat yang dimilikinya, menjadikan komoditas ini sangat laku di pasaran dan menjadi komoditas layak ekspor. Untuk beberapa alasan tertentu, masyarakat lebih memilih cangkang sawit disbanding bahan bakar lainnya. 

Harga cangkang sawit per ton yang kian tinggi ini disebabkan oleh manfaatnya sebagai bahan bakar. Sebelumnya pengolahannya dijadikan sebagaia arang. Ini juga dapat membantu dalam menghemat biaya, mengurangi polusi dan menjaga kelestarian alam. 

Komoditas ini dalam mengurangi polusi udara karena penggunaannya lebih ramah lingkungan. Ini karena kadar zat karbon sulfur yang ada di dalamnya cukup rendah sehingga mampu mengurangi pencemaran udara dibandingkan menggunakan batu bara. 

Penggunaan sebagai bahan bakar dapat dilakukan dalam waktu yang lama karena merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui lain halnya dengan batu bara. Selain itu, jika dibandingkan dengan bahan lainnya ini harga cangkang sawit per ton jauh lebih terjangkau.

Sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik diperlukan sekitar 1,2 ton cangkang dapat menghasilkan energi sebesar 10 MWh. Biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan solar atau batu bara pada umumnya. 

Selain tersedia untuk pasar dalam negeri, ini juga dapat dijadikan komoditas ekpor yang tumbuh semakin ke arah positif. Sebut saja proses ekpor ke negeri Sakura Jepang tumbuh hingga 40 persen per tahunnya untuk harga cangkang sawit per ton. 

Segini Kisaran Harga Cangkang Sawit Per Ton

Komoditas yang dieskpor ke berbagai negara misalnya Jepang yakni sekita 450 ribu ton dan ke negara lainnya yakni Korea sebesar 400 ribu ton. Untuk harganya bisa mencapai triliunan atau di atasnya. 

Tahun 2019 lalu harga per ton mencapai jutaan, per kilo seribuan. Tahun 2020 harganya per kg berada di angka kisaran ratusan hingga jutaan berlaku untuk harga per tonnya. 

Harga pada tahun 2021 per kg di jual dalam kisaran harga mulai dari mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Misalnya saja untuk harga jual per 500 kg mencapai harga jutaan. untuk harga per ton juga kisaran harganya lebih dari satu jutaan. 

Saat ini, tersedia olahan dalam bentuk arang untuk diperjual belikan. Selain itu, untuk mendapatkannya bukanlah hal yang terbilang susah karena telah banyak diperjual belikan secara online.

Jika Anda membutuhkan bahan bakar alternatif, penggunaan komoditas ini bisa dipertimbangkan untuk digunakan. Ini karena harga cangkang sawit per ton terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan bahan bakar solar atau minyak bumi lainnya.  Click website Jualcangkangsawit.com atau whatsApp 081212-333-590 (Maria)