Cangkang Sawit untuk Bahan Bakar

Sebelum kita berbicara tentang cangkang sawit untuk bahan bakar, sebagai informasi kita perlu mengetahui bahwa cangkang kelapa sawit atau palm kernel shell (Palm Kernel Shell) sering juga disebut cangkang sawit adalah bagian keras yang terdapat pada buah kelapa sawit yang berfungsi melindungi isi atau inti buah sawit. Sebenarnya fungsi ini sama dengan batok kelapa yang sering kita jumpai sehari-hari yaitu melindungi daging kelapa di bagian dalamnya.

Indonesia sendiri jika dilihat hampir di setiap daerahnya memiliki sedikitnya pasti memiliki perkebunan sawit, sehingga tidak heran jika Indonesia menjadi negara dengan penghasil sawit yang besar. Penyebaran kelapa sawit hampir di seluruh pelosok tanah air. Masyarakat petani secara bertahap mulai beralih ke perkebunan kelapa sawit. Pesatnya perkembangan kelapa sawit itu sendiri juga berdampak pada perkembangan cangkang kelapa sawit. Semakin banyak minyak sawit yang diproses, semakin banyak cangkang sawit yang dihasilkan. 

Cangkang sawit sebagai bagian dari buah kelapa sawit ini bagi industri pengolahan kelapa sawit sendiri, cangkang sawit menjadi nilai tambah bagi mereka. Karena cangkang sawit merupakan limbah industri, maka dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan energinya. Dulu mereka mungkin harus memasok batu bara dari pihak lain, sekarang mereka bisa menggunakan limbah mereka sendiri sehingga biaya produksi bisa ditekan.

Manfaat Penggunaan Cangkang Sawit

  • Penghematan Biaya / Penghematan Biaya

Dalam industri, unsur bahan bakar biasanya mengeluarkan biaya lebih dan memberatkan ongkos produksi. Dengan menggunakan cangkang sawit, biaya yang dialokasikan untuk suplai bahan bakar dapat ditekan. Sehingga dapat menghemat anggaran yang harus dikeluarkan terutama jika bahan bakar ini digunakan dalam jangka panjang tentunya akan sangat menguntungkan.

  • Pengurangan polusi udara/Pengurangan polusi udara

Penggunaan cangkang sawit lebih ramah lingkungan, hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam cangkang sawit, karbon belerangnya didapati relatif sangat rendah. Sehingga dalam proses pembakarannya polusinya lebih sedikit dibandingkan dengan batubara.

  • Konservasi sumber daya alam

Cangkang kelapa sawit merupakan bagian dari tanaman kelapa sawit yang dapat diperbaharui. Berbeda dengan batubara yang merupakan mineral yang sulit diperbaharui. Sehingga meskipun cangkang sawit untuk bahan bakar dipakai dalam jangka waktu yang panjang selama perkebunanan sawit menghasilkan buah dan juga limbah cangkang ini, maka akan sangat aman cangkang kelapa sawit sebagai pasokan bahan bakar.

Ketersediaan Cangkang Sawit

Karena cangkang sawit adalah sumber daya terbarukan, tidak ada kekhawatiran tentang kekurangan pasokan di masa yang akan datang. Itulah beberapa alasanyang akan sangat dibutuhkan dan juga menjanjikan. sebagai alternatif biomassa sawit. Bahan bakar ini akan sangat efektif bagi kebutuhan bahan bakar listrik. Bahkan sebuah penelitian pernah menunjukkan data penelitian. Dimana kebutuhan bahan bakar listrik dengan pembangkit listrik per 10 MWh jika dengan batu bara menghabiskan sekitar 1,3 ton. Namun dengan cangkang sawit untuk bahan bakar menghabiskan 1,2 ton saja. 

Hal tersebutlah yang semakin meyakinkan. Bahwa cangkang sawit untuk bahan bakar sangatlah menjanjikan dan didukung juga sebagai bahan baku yang terperbaharukan. Maka bukan tidak mungkin kedepannya inilah biomas utama yang digunakan. Anda bisa membeli cangkang sawit berkualitas di website Jualcangkangsawit.com atau whatsApp 081212-333-590 (Maria)